Salam Sehat dan Harmonis

-----

GOLONGAN SAKARIDA


1.   
·         GOLONGAN MONOSAKARIDA

a)  Glukosa
Glukosa disebut juga gula anggur(karena terdapat dalam buah anggur),gula darah(karena terdapat dalam darah).glukosa merupakan komponen utama gula darah.

Struktur:








Sifat :
Glukosa berwarna putih yang mudah larut dalam air.larutanna bersifat optis aktif.glukosa juga merupakan reduktor,sehigga di sebut juga gula pereduksi.

Fungsi dalam tubuh :
Glukosa berfumgsi sebagai komponen utama gula darah.kadar glukosa dalam darah orang dewasa yang sehat,setelah beberapa jam puasa adalah sekitar 70-100 mg/100 mL darah.
Jika otot kekurangan glukosa,maka glikogen otot dapat segera di ubah menjadi glukosa.jika darah kekurangan glukosa,maka glikogen dalam hati yang di hidrolisis mem
Bentuk glukosa.hati dapat menyimpan 70-100 gr glikogen.otot sekitar 170-250 gr glikogen.


b)  Ribosa
Ribose adalah gula pentose yang membemtuk RNA dan DNA.

Struktur:






Sifat :
 Larutan ini bersifat/mengalami perubahan sudut putaran hingga akhirnya di capai sudut    putaran yang lengkap

Fungsi dalam tubuh :
Fungsi dari senyawa ini adalah membentuk RNA dan DNA dalam tubuh tepatnya di dalam sel.


·                   GOLONGAN OLIGOSAKARIDA

 Merupakan gabungan dua unit monosakarida yang berkaitan kovalen terhadap  sesamanya.




























·                   GOLONGAN POLISAKARIDA


a)  Amilum
manusia  dan hewan banyank menggunakan ini.dalam system pencernaan amilum mengalami hidrolisis kemudian di serap dalam bentuk glukosa.


           Struktur:






           Sifat :
           Amilum terbentuk dari CO2 Dan H2O,Dan mudah larut dalam air.

           Fungsi dalam tubuh :
Dalam system pencernaan amilum mengalami hidrolisis kemudian di serap dalam bentuk glukosa.dalam tumbuhan amilum di simpan dalam bagian misalnya akar,batang,biji atau daun.


b)  Selulosa
Selulosa adalah polisakarida yang paling melimpah dan merupakan komponen serat serat utama dalam makanan kita.

 Struktur:








                      
                         Sifat:
                        Selulosa tidak dapat di hidrolisis oleh system pencernaan manusia.selulosa yang 
                       Melimpah di bumi tidak dapat kita gunakan sebagai bahan makanan.

              Fungsi dalam tubuh :
Kegunaan selulosa dalam tubuh kita adalah sebagai komponen utama penyusun   makanan yang berguna bagi tubuh/pencernaan kita.kalau hewan pemakan rumput tidak menghasilkan enzim yang dapat mengeluarkan selulosa.




1.   Protein 
Protein adalah senyawa terpenting penyusun sel hidup.protein terdapat dalam semua jaringan hidup baik tumbuhan maupun hewan.
a)  Asam amino
Asam amino adalah suatu golongan senyawa karbon yang setidak-tidaknya mengandung suatu gugus karboksil.

 
Struktur:








                      
                        Sifat:
Semua asam amino bersifat optis aktif,karena setidak atom C-α adalah asimetris,kecuali glisin.asam amino juga bersifat amfoter(dapat bereaksi baik dengan asam atau basa).




Fungsi dalam tubuh :
Asam amino adalah penyusun rantai DNA dan RNA.























2.   Lipid
a)      Lemak
Lemak adalah ester dari gliserol dengan asam asam lemak.;lemak yang berupa cairan disebut minyak.contoh dari lemak cair adalah asam olealat,asam linolenat,asamlinoleat.

  Struktur:
 






  Sifat :
  Pada suhu kamar lemak berupa cairan.Lemak jenuh mempunyai titik cair lebih tinggi daripada lemak tak jenuh.lemak dapat   berwujud cair dan padat.wujud lemak berkaitan dengan asam lemak pembentuknya.
             Fungsi dalam tubuh :
             Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan atau sumber energy.lemak adalah bahan makanan  yang kaya energy.



b)     Fosfolipid
Fosfolipid juga merupakan ester dari glikogen,fosfolipid yang sering terdapat dalam sel hidup yaitu fosfatidikolin, fosfatidiletanolamin, fosfatidilserin.

Struktur:
 








  Sifat :
  Fosfolipid bersifat amfitik,karena terdiri atas ekor yang hidrofob dan kepala yang hidrofil.fosfolipid merupakan pengemulsi yang baik,karena dapat tertarik ke dalam air dan sekaligus terhadap minyak.apabila fosfolipid diteteskan dalam air maka akan membentuk agregasi,yaitu bagian ekor akan tarik-menarik sekaligus menjauhi lingkaran berair.

          Fungsi dalam tubuh :
          Merupakan komponen utama dinding sel.dinding sel terdiri dari atas dua lapisan fosfolipid.fosfolipid yang banyak dalam sel adalah sefalin.sefalin terutama terdapat dalam jaringan otak dan juga terlibat dalam pembekuan darah.
c)      Steroid
Berbeda dengan lemak dan fosfolipid,steroid bukan golongan ester,tetapi mempunyai kesamaan sifat dengan fosfolipid yaitu amfitik.

Struktur:
 








  Sifat :
Semua steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk empat cincin.





       


 Fungsi dalam tubuh :
 Steroid yang banyak terdapat dalam tubuh adalah kolesterol,zat itu merupakan bahan baku untuk pembuatan garam-garam empedu,salah satu dari empat vitamin D,dan beberapa hormone.semua hormone sex,yaitu estrogen,pregesteron,dan testosterone adalah steroid.garam-garam empedu mengemulsikan lemak yang kita makan sehingga mempermuda proses pencernaan dan penyerapannya.



3.   Koloid

a)   LARUTAN ALKOHOL
alkohol dan rivanol sebagai antiseptik dan disinfektan mampu menghambat hingga membunuh suatu mikroorganisme, dalam hal ini umumnya ditujukan pada bakteri. alkohol 96 % lebih umum digunakan sebagai cairan sterilisasi untuk alat-alat kesehatan dan lainnya, alkohol 70% untuk sterilisasi pada kulit dari bakteri. sedangkan rivanol biasa digunakan sebagai cairan kompres atau cuci luka.
Beberapa penyakit yang diyakini berasosiasi dengan kebiasaan minum alkohol antara lain serosis hati, kanker, penyakit jantung dan syaraf. Sebagian besar kasus serosis hati (liver cirrhosis) dialami oleh peminum berat yang kronis.
Koloid : termasuk emulsi

b)   LARUTAN RINGER LAKTAT
.larutan steril dari Kalsium klorida, Kalium klorida, Natrium klorida dan Natrium laktat dalam Air untuk injeksi.Tiap 100 ml mengandung tidak kurang dari 285,0 mg dan tidak lebih dari 315,0 mg natrium (sebagai NaCl dan C3H5NaO3) . Injeksi Ringer laktat tidak boleh mengandung bahan antimikroba.Larutan ini tidak boleh mengandung bahan antimikroba
Koloid : termasuk emulsi







Previous
Next Post »

Translate