\PELAYANAN KESEHATAN PRIMER / PRIMARY
HEALTH CARE ( PHC )
A. DEFINISI
Pelayanan Kesehatan Primer / PHC adalah
strategi yang dapat dipakai untuk menjamin tingkat minimal dari pelayanan
kesehatan untuk semua penduduk. PHC menekankan pada perkembangan yang bisa
diterima, terjangkau, pelayanan kesehatan yang diberikan adalah essensial bisa
diraih, dan mengutamakan pada peningkatan serta kelestarian yang disertai
percaya pada diri sendiri disertai partisipasi masyakarat dalam menentukan
sesuatu tentang kesehatan.
Adalah Pelayanan kesehatan pokok yang
berdasarkan kepada metoda dan tehnologi praktis, ilmiah dan sosial yang dapat
diterima secara umum baik oleh individu maupun keluarga dalam masyarakat,
melalui partisipasi mereka sepenuhnya, serta dengan biaya yang dapat terjangkau
oleh masyarakat dan negara untuk memelihara setiap tingkat perkembangan mereka
dalam semanggat untuk hidup mandiri ( Self reliance ) dan menntukan nasib
sendiri ( self Determination )
B. TINJAUAN SEJARAH
Gerakan PHC dimulai resmi pada tahun 1977,
ketika sidang kesehatan WHO ke 30. Pada konferensi international 1978 di Alma
Alta ( Uni Soviet) pada tanggal 12 September 1978, ditentukan bahwa tujuan agar
menemukan titik temu dengan PHC. Resolusi dikenal dengan Health For All by the
Year 2000 ( HFA 2000) atau sehat untuk semua di tahun 2000 adalah merupakan
target resmi dari bangsa-bangsa yang tergabung dalam WHO.
Pada tahun 1981 setelah diidentifikasi
tujuan kesehatan untuk semua dan startegi PHC untuk merealisasikan tujuan, WHO
membuat indikator global untuk pemantauan dan evaluasi yang dicapai tentang
sehat untuk semua pada tahun 1986. Indikator tersebut adalah :
1. Perkembangan
sosial dan ekonomi
2. Penyediaan
pelayanan kesehatan status kesehatan
3. Kesehatan
sebagai objeck atau bagain dari perkembangan sosial ekonomi.
Pemimpin perawat
yang menjadi kunci dalam mencetuskan usaha perawatan PHC adalah Dr. Amelia
Mengny Maglacas pada tahun 1986.
C. KONSEP
PELAYANAN KESEHATAN PRIMER
Pelayanan
kesehatan primer merupakan pelayanan kesehatan essensial yang dibuat dan bisa
terjangkau secara universal oleh individu dan keluarga di dalam masyarakat.
Fokus dari pelayanan kesehatan primer luas jangkauannya dan merangkum berbagai
aspek masyarakat dan kebutuhan kesehatan. PHC merupakan pola penyajian
pelayanan kesehatan dimana konsumen pelayanan kesehatan menjadi mitra dengan
profesi dan ikut serta mencapai tujuan umum kesehatan yang lebih baik.
D. TUJUAN PHC
1. TUJUAN UMUM
Mencoba menemukan
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang diselenggarakan sehingga akan
dicapai tingkat kepuasan pada masyarakat yang menerima pelayanan.
2. TUJUAN KHUSUS
a. Pelayanan
harus mencapai keseluruhan pendudukan yang dilayani
b. Pelayanan
harus dapat diterima oleh penduduk yang dilayani
c. Pelayanan harus
berdasarkan kebutuhan medis dari populasi yang dilayani
d. Pelayanan
harus secara maksimum menggunakan tenaga dan sumber – sumber daya lain dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat.
E. FUNGSI PHC
1. Pemeliharaan
kesehatan
2. pencegahan
penyakit
3. diagnosis dan
pengobatan
4. pelayanan
tindaj lanjut
5. pemberian
sertifikat
F. TIGA UNSUR
UTAMA PHC
1. Mencakup
upaya-upaya dasar kesehatan
2. melibatkan
peran serta masyarakat
3. melibatkan
kerjasama lintas sektoral
G. LIMA PRINSIP
DASAR PHC
1. Pemerataan
upaya kesehatan
2. Penekanan pada
upaya preventif
3. Menggunakan
tehnologi tepat guna
4. melibatkan
peran serta masyarakat
5. Melibatkan
kerjasama lintas sektoral
H. DELAPAN
ELEMENT PHC
1. Pendidikan
mengenai masalah kesehatan dan cara pencegahan penyakit serta pengendaliannya
2. Peningkatan
penyediaan makanan dan perbaikan gizi
3. Penyediaan air
bersih dan sanitasi dasar
4. Kesehatan ibu
dan anak termasuk keluarga berencana
5. Immuniasi
terhadap penyakit-penyakit infeksi utama
6. Pencegahan dan
pengendalian penyakit endemik setempat
7. Pengobatan
penyakit umum dan ruda paksa
8. Penyediaan
obat-obat essensial
I. CIRI CIRI PHC
1. Pelayanan yang
utama dan intim dengan masyarakat
2. Pelayanan yang
menyeluruh
3. Pelayanan yang
terorganisasi
4. Pelayanan yang
mementingkan kesehatan individu maupun masyarakat
5. Pelayanan yang
berkesinambungan
6. Pelayanan yang progresif
7. Pelayanan yang berorientasi kepada
keluarga
8. Pelayanan yang tidak berpandangan kepada
salah wsatu aspek saja
J. TANGGUNG JAWAB PERAWAT DALAM PHC
1. Mendorong partisipasi aktif masyarakat
dalam pengembangan dan implementasi pelayanan kesehatan dan program pendidikan
kesehatan
2. Kerjasama
dengan masyarakat, keluaraga dan individu
3. Mengajarkan
konsep kesehatan dasar dan tehnik asuhan diri sendiri pada masyarakat
4. Memberikan
bimbingan dan dukungan kepada petugas pelayanan kesehatan dan kepada
masyarakat.
5. Koordinasi
kegiatan pengembangan kesehatan masyarakat.
K. KESIMPULAN
1. PHC merupakan
startegi untuk menyajikan pelayanan kesehatan essensial kepada masyarakat
2. Para petugas
pada sistem PHC merupakan mitra dalam berbagai kegiatan bersama-sama dengan
anggota masyarakat
3. PHC
menandaskan pelayanan kesehatan yang terbayar, bisa dijangkau, tersedia dan
bisa diterima
4. Pengkajian
masyarakat, menentukan prioritas kesehatan. Implementasi aktifitas melaksanakan
evaluasi merupakan aspek-aspek perawatan kesehatan masyarakat yang dipakai PHC
5. Menghimbau
masyarakat agar dapat menolong dirinya sendiri, menyiapkan diri untuk
mendapatkan kesempatan mekasanakan perawatan sendiri dalam mengatasi
masalah-masalah kesehatan dan sosial.
6. Memberikan
penyuluhan kepada penduduk mengenai perkembangan kesehatan dan sosial untuk
membantu diri mereka meraih perawatan mandiri, mengambil keputusan sewndiri dan
mempercayai diri sendiri.
7. Target dari
PHC adalah seluruh masyarakat dan bukan individu.
8. PHC Berbeda
dengan pelayanan primer. Pelayanan primer merupakan komponen dari PHC
9. Para petugas
kesehatan masyarakat berpartisipasi dalam implementasi PHC
10. TIM PHC
terdiri dari perawat, dokter, gigi, apoteker, penyuluhan kesehatan, ahli
sanitasi dan ahli diet.
11. Perawat yang
efektif dari sistem PHC bekerja dekat dengan penduduk, masyarakat dengan
sumber-sumebr dan dengan profesional-profesinal lain di masyarakat yang
bersangkutan.
12. Perawat di
tim PHC membutuhkan kepemimpinan yang disertai ketrampilan manajemen.
ConversionConversion EmoticonEmoticon