BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Untuk memasarkan produk yang dimiliki
oleh bank, maka seorang marketting perlu mengadakan promosi kepada masyarakat
secara meluas. Selain untuk memasarkan produk yang dibuat, kegiatan promosi ini
juga bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat awam tentang bank yang
dimilikinya.
Tanpa kegiatan promosi jangan
diharapkan nasabah atau masyarakat dapat mengenal bank, bahkan produk yang
dihasilkannya. Oleh karena
itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan
nasabah atau calon nasabah. Oleh karena pentingnya suatu kegiatan pomosi bagi
sebuah bank, maka seorang marketting harus memiliki strategi-strategi promosi
untuk meminimalisasi terjadinya problem dalam kegiatan pemasarannya.
Berdasarkan
latar belakang di atas maka penulis mengambil judul makalah “Strategi Promosi
Produk Pembiayaan Modal Kerja pada PT. BTN Syariah Surabaya”.
1.2
Rumusan masalah
·
Strategi
promosi produk pembiayaan mudharabah modal kerja Bank BTN Syariah.
1.3
Tujuan
·
Untuk
mengetahui dan memahami strategi promosi produk pembiayaan mudharabah modal
kerja pada Bank BTN Syariah.
1.4
Manfaat
·
Menambah
wawasan penulis maupun pembaca tentang kegiatan promosi produk pada bank.
·
Menambah
wawasan penulis maupun pembaca tentang strategi promosi produk pembiayaan
mudharabah pada bank BTN Syariah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Promosi
Promosi produk
adalah suatu kegiatan memasarkan produk, yaitu dengan cara memperkenalkan
produk kepada nasabah atau calon nasabah, agar mereka mengetahui produk yang dibuat oleh bank
tersebut.
Ada
beberapa sarana yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk, yaitu :
1.
Periklanan
(advertisting).
2.
Promosi
penjualan (Sales penjaulan).
3.
Publisitas
(publicity).
4.
Penjualan
pribadi (personal selling).
2.2
Strategi Promosi Produk Pembiayaan pada BTN
Syariah
Dalam memasarkan produk yang dimilikinya, Bank BTN Syariah memiliki
strategi promosi, yaitu :
o
Periklanan (Advertising)
Merupakan salah satu
cara bank untuk menginformasikan semua produk yang dihasilkan oleh bank. Informasi
yang yang dimaksud adalah informasi tentang manfaat produk, harga serta
keuntungan-keuntungan produk dibanding pesaing. Dalam praktiknya, kegiatan periklanan
yang dilakukan oleh Bank BTN Syariah adalah dengan menggunakan brosur maupun
media internet
o
Publisitas (publicity)
BTN Syariah juga
menggunakan publisitas sebagai sarana untuk mempromosikan produk pembiayaan
murabahah tersebut antara lain dengan cara, melakukan kegiatan amal yang
dananya berasal dari biaya denda angsuran pembiayaan murabahah dan dari dana
yang masuk ke rekening ZIS BTN Syariah.
o
Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan digunakan dalam mempromosikan produk, melaui potongan
harga atau hadiah. Yang dilakukan Bank BTN Syariah terkait dengan mempromosikan
produk pembiayaan modal kerja dengan promosi penjualan adalah memberikan
potongan apabila nasabah melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo
o
Penjualan Pribadi (Personel Selling)
Dalam dunia
perbankan penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh seluruh pegawai bank.
Namun BTN Syariah telah memiliki tenaga kerja yang melakukan proses tersebut
yakni para marketing yang bertugas untuk menawarkan produk pembiayaan murabahah
BTN Syariah secara door to door.
Selain door to door,
Bank BTN Syariah
juga menggunakan strategi mouth to mouth,
Strategi ini adalah strategi yang menjadi andalan di Bank BTN Syariah, selain
tidak membutuhkan biaya cara ini menjadi andalan karena tingkat ketertarikan
calon nasabah menggunakan produk lebih besar dari pada mereka mengetahui produk
bank dari iklan.
2.3
Keunggulan Pembiayaan Modal Kerja BTN
Syariah
Produk
pembiayaan mudharabah modal kerja Bank BTN Syariah memiliki kelenihan dan
kekurangan, yaitu :
v Keunggulan :
1. Syarat yang mudah.
2. Sistem angsuran sangat ringan sesuai
dengan pendapatan.
3. Aman karena sesuai dengan prinsip syariah.
4. Jangka waktu maksimal pembiayaan 2 tahun,
dapat diperpanjang.
5. Nasabah pembiayaan dapat berbadan hukum
PT, CV, koperasi ataupun perorangan.
v Kelemahan :
1. Untuk Nasabah Yang baru saja memakai
produk ini, prosedur pembiayaan lebih lama.
2. Masih banyak masyarakat yang
belummengetahui produk ini, dikarenakan produk baru dan strategi promosi masih
kurang.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil uraian penelitian di atas, dapat kita simpulkan bahwa Bank BTN Syariah
memiliki strategi promosi dalam mempromosikan produk pembiayaan modal kerja,
yaitu
1.
Periklanan
2.
Publisitas
3.
Promosi penjualan
4.
Penjualan pribadi
5. Moth to mouth
3.2 SARAN
Berdasarkan
pengamatan yang telah dilakukan, penulis dapat memberikan saran kepada Bank BTN
Syariah yaitu agar kegiatan promosi yang saat ini dilakukan perlu ditingkatkan
lagi, karena masih banyak masyarakat atau calon nasabah yang sebenarnya mereka membutuhkan
pembiayaan untuk modal kerja tidak mengetahui bahwa Bank BTN Syariah Surabaya dapat
membantu pembiayaan tersebut.
ConversionConversion EmoticonEmoticon