Info Kesehatan

healhty

Rabu, 11 April 2012

makalah Promosi Produk Pembiayaan pada BTN Syariah


BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Untuk memasarkan produk yang dimiliki oleh bank, maka seorang marketting perlu mengadakan promosi kepada masyarakat secara meluas. Selain untuk memasarkan produk yang dibuat, kegiatan promosi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat awam tentang bank yang dimilikinya.
Tanpa kegiatan promosi jangan diharapkan nasabah atau masyarakat dapat mengenal bank, bahkan produk yang dihasilkannya. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah atau calon nasabah. Oleh karena pentingnya suatu kegiatan pomosi bagi sebuah bank, maka seorang marketting harus memiliki strategi-strategi promosi untuk meminimalisasi terjadinya problem dalam kegiatan pemasarannya.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis mengambil judul makalah “Strategi Promosi Produk Pembiayaan Modal Kerja pada PT. BTN Syariah Surabaya”.






1.2              Rumusan masalah
·         Strategi promosi produk pembiayaan mudharabah modal kerja Bank BTN Syariah.

1.3              Tujuan
·         Untuk mengetahui dan memahami strategi promosi produk pembiayaan mudharabah modal kerja pada Bank BTN Syariah.

1.4              Manfaat
·         Menambah wawasan penulis maupun pembaca tentang kegiatan promosi produk pada bank.
·         Menambah wawasan penulis maupun pembaca tentang strategi promosi produk pembiayaan mudharabah pada bank BTN Syariah.










BAB II
PEMBAHASAN

2.1              Pengertian Promosi
Promosi produk adalah suatu kegiatan memasarkan produk, yaitu dengan cara memperkenalkan produk kepada nasabah atau calon nasabah, agar mereka  mengetahui produk yang dibuat oleh bank tersebut.
Ada beberapa sarana yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk, yaitu :
1.            Periklanan (advertisting).
2.            Promosi penjualan (Sales penjaulan).
3.            Publisitas (publicity).
4.            Penjualan pribadi (personal selling).

2.2              Strategi Promosi Produk Pembiayaan pada BTN Syariah
Dalam memasarkan produk yang dimilikinya, Bank BTN Syariah memiliki strategi promosi, yaitu :
o   Periklanan (Advertising)
Merupakan salah satu cara bank untuk menginformasikan semua produk yang dihasilkan oleh bank. Informasi yang yang dimaksud adalah informasi tentang manfaat produk, harga serta keuntungan-keuntungan produk dibanding pesaing. Dalam praktiknya, kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Bank BTN Syariah adalah dengan menggunakan brosur maupun media internet

o   Publisitas (publicity)
BTN Syariah juga menggunakan publisitas sebagai sarana untuk mempromosikan produk pembiayaan murabahah tersebut antara lain dengan cara, melakukan kegiatan amal yang dananya berasal dari biaya denda angsuran pembiayaan murabahah dan dari dana yang masuk ke rekening ZIS BTN Syariah.
o   Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan digunakan dalam mempromosikan produk, melaui potongan harga atau hadiah. Yang dilakukan Bank BTN Syariah terkait dengan mempromosikan produk pembiayaan modal kerja dengan promosi penjualan adalah memberikan potongan apabila nasabah melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo
o   Penjualan Pribadi (Personel Selling)
Dalam dunia perbankan penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh seluruh pegawai bank. Namun BTN Syariah telah memiliki tenaga kerja yang melakukan proses tersebut yakni para marketing yang bertugas untuk menawarkan produk pembiayaan murabahah BTN Syariah secara door to door. Selain door to door,
Bank BTN Syariah juga menggunakan strategi mouth to mouth, Strategi ini adalah strategi yang menjadi andalan di Bank BTN Syariah, selain tidak membutuhkan biaya cara ini menjadi andalan karena tingkat ketertarikan calon nasabah menggunakan produk lebih besar dari pada mereka mengetahui produk bank dari iklan.
2.3              Keunggulan Pembiayaan Modal Kerja BTN Syariah
Produk pembiayaan mudharabah modal kerja Bank BTN Syariah memiliki kelenihan dan kekurangan, yaitu :
v  Keunggulan :
1.      Syarat yang mudah.
2.      Sistem angsuran sangat ringan sesuai dengan pendapatan.
3.      Aman karena sesuai dengan prinsip syariah.
4.      Jangka waktu maksimal pembiayaan 2 tahun, dapat diperpanjang.
5.      Nasabah pembiayaan dapat berbadan hukum PT, CV, koperasi ataupun perorangan.          
v  Kelemahan :
1.      Untuk Nasabah Yang baru saja memakai produk ini, prosedur pembiayaan lebih lama.
2.      Masih banyak masyarakat yang belummengetahui produk ini, dikarenakan produk baru dan strategi promosi masih kurang.






BAB III
PENUTUP

3.1    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil uraian penelitian di atas, dapat kita simpulkan bahwa Bank BTN Syariah memiliki strategi promosi dalam mempromosikan produk pembiayaan modal kerja, yaitu
1.      Periklanan
2.      Publisitas
3.      Promosi penjualan
4.      Penjualan pribadi
5.      Moth to mouth
3.2    SARAN
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, penulis dapat memberikan saran kepada Bank BTN Syariah yaitu agar kegiatan promosi yang saat ini dilakukan perlu ditingkatkan lagi, karena masih banyak masyarakat atau calon nasabah yang sebenarnya mereka membutuhkan pembiayaan untuk modal kerja tidak mengetahui bahwa Bank BTN Syariah Surabaya dapat membantu pembiayaan tersebut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar