Salam Sehat dan Harmonis

-----

MAKALAH KEMUHAMMADIYAHAN PEMAKAIAN ALAT SUPERVIOLET


MAKALAH
PEMAKAIAN ALAT SUPERVIOLET
(Selaput Dara Buatan)







Oleh Kelompok I :
Eka Nor A                   2010.0661.0
Ria Lestari                   2010.0661.086
Linda Anggraeni         2010.0661.
Sulaimah         09.

DIII KEBIDANAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
2011-2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT , yang telah memberi rahmat dan hidayah Nya sehingga tersusunlah makalah ini. Makalah ini dibuat sebagai bukti tugas pembelajaran dalam perkuliahan di prodi DIII Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada :
1.    Prof. Dr. Zainuddin Maliki. M.Si selaku rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya
2.    dr. H. Sukadiono M.M selaku Dekan Unuversitas Muhammadiyah Surabaya
3.    Supatmi, S.Kep. Ns. M.Kes selaku kaprodi DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya
4.    Mahsun Jayadi selaku dosen mata kuliah kemuhammadiyahan-2
5.    Dan semua pihak yang turut membantu terselesaikannya makalah ini.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan ini, untuk itu penyusun mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak.


Surabaya,     Maret 2012


Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ……………………………………………………………….
1.2  Rumusan Masalah ……………………………………………………………
1.3  Tujuan ………………………………………………………………………..
1.4  Manfaat ………………………………………………………………………
BAB II            PEMBAHASAN
            2.1 Pengertian selaput dara ………………………………………………………
2.2 Etiologi penggunaan selaput dara buatan ….………………………………..
2.3 Patofisiologi …………………………………………………………………
2.4 Macam-macam selaput dara …………..…………………………………….
2.5 Menurut Kesehatan …….……………………………………………………
2.6 Menurut Agama …...…..……………………………………………………
BAB III  PENUTUP
            3.1 Kesimpulan …………………………………………………………………
            3.2 Sran …………………………………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Alat Superviolet ini menjanjikan efek berhubungan seksual seperti layaknya saat berhubungan dengan seorang wanita perawan. Alat ini juga diklaim untuk membantu para wanita yang sudah tidak perawan dan baru menikah untuk mengelabui suaminya agar dikira masih perawan.
Keperawan adalah simbol moralitas budaya atas keberadaan wanita. Perempuan rela merogoh kocek jutaan rupiah agar alat intimnya bak perawan, banyak wanita ingin dioperasi atau memermak kembali selaput daranya. Alasannya macam-macam, ada yang ingin memuaskan suami, ada pula yang sengaja melakukanya supaya dianggap masih perawan ketika menikah. Sebagian besar beralasan agar malam pertama tetap mengeluarkan darah.
Berdasarkan hasil survei 70% – 80% pria di Indonesia menginginkan calon istrinya masih gadis alias perawan. Persepsi inilah yang membuat para wanita yang sebelumnnya pernah melakukan hubungan seks khawatir jika menikah. Ada yang memilih melalui operasi hymenoplasti, setelah operasi otot-otot keperawanan menjadi kembali seperti semula. Kencang dan bisa mengeluarkan darah layaknya hubungan seks pertama. Untuk operasi ini membutuhkan biaya antara Rp 5 juta – Rp 7 juta, sementara di singapura tarifnya antara 30 – 35 juta rupiah, ini hanyalah semata-mata untuk menjaga kelangsungan sebuah perkawinan .

1.2  Rumusan Masalah
Masalah yang dapat disimpulkan dari makalah ini adalah :
1.2.1        Apa pengertian dari selaput dara?
1.2.2        Apa Penyebab Penggunaan selaput dara buatan ?
1.2.3        Apa Patofisiologi dari selaput dara buatan ?
1.2.4        Apa saja Macam-macam selaput dara ?
1.2.5        Bagaimana Penggunaan Selaput dara buatan menurut hukum Kesehatan ?
1.2.6        Bagaimana Penggunaan Selaput dara buatan menurut Hukum Agama Islam ?

1.3  Tujuan
Mahasiswa dapat lebih bijak dalam menentukan hukum islam maupun kode etik dalam persoalan modern yang ada saat ini sebagai tenaga kesehatan.
1.4  Manfaat
1.4.1        Mengetahui pengertian dari selaput dara
1.4.2        Mengetahui penyebab penggunaan selaput dara buatan
1.4.3        Mengetahui patofisiologi dari selaput dara buatan
1.4.4        Mengetahui macam-macam selaput dara
1.4.5        Mengetahui bagaimana penggunaan selaput dara buatan menurut kesehatan
1.4.6        Mengetahui bagaimana penggunaan selaput dara buatan menurut Agama Islam















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Selaput dara atau hymen adalah lipatan membran yang menutup sebagian luar vagina. Bentuk selaput dara paling umum adalah sabit. Setelah seorang wanita melahirkan, selaput dara yang tertinggal disebut carunculae myrtiformes. Selaput dara tidak memiliki fungsi anatomi yang diketahui. Selaput dara biasanya tidak rusak karena olahraga atau menggunakan tampon. Di saat seorang wanita mencapai usia pubertas, selaput dara menjadi elastis. Hanya 43% wanita melaporkan pendarahan ketika mereka pertama kali melakukan sanggama.
2.2 Etiologi Penggunaan Hymen Buatan
                  Keperawanan adalah simbol seorang wanita, tak ayal seorang perempuan rela mati-matian mempertahankan keperawanan yang hanya akan dipersembahkan ke suaminya kelak ketika sudah menikah. Kembali menjadi virgin merupakan idaman setiap wanita. Banyak yang percaya bahwa keperawanan hilang ditandai dengan keluarnya darah dari miss V ketika berhubungan badan pertama kali. Mitos ini sampai sekarang sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia baik wanita maupun perempuan.
                  Mitos inilah yang membuat wanita melakukan apapun agar tetap "mengeluarkan darah" ketika malam pertama pernikahan dengan sang suami dilangsungkan. Operasi selaput dara menjadi primadona bagi wanita yang sudah pernah melakukan hubungan suami istri dalam menghadapi persoalan ini. Operasi selaput dara saja di Indonesia tarifnya mencapai 5 juta rupiah, jika di Singapore sudah mencapai 15 - 20 juta rupiah, sungguh ini merupakan harga yang mahal.
                  Di Jakarta alat ini dijual mulai dari harga Rp 165.000 hingga Rp 700.000. Alat itu dipakai para wanita yang baru menikah untuk mengelabui suami bahwa ia masih gadis. AVH dikabarkan akan mengeluarkan cairan seperti darah jika pecah. Pemasarkan produknya di beberapa negara, terutama negara yang masih menganggap kegadisan adalah hal yang mutlak dimiliki perempuan sebelum menikah.
2.3 Patofisiologi
Selaput dara buatan dibuat di Kyoto, Jepang dan Pertama kali diperkenalkan pada masyarakat pada tahun 1993. Mulai terkenal dan tersebar di Thailand pada tahun 1995. Dan sekarang sudah tersedia di Asia Selatan, Asia Tenggara dan negara-negara Timur Tengah.
Selaput dara buatan sebagian besar dibuat dari albumin alami, menggunakan inflasi elemen medis dan cairan yang dapat larut berdasarkan persiapan medis dan tanpa efek samping".

2.4 Macam-macam Bentuk Hymen
Bentuk selaput dara pada setiap wanita akan berbeda-beda antara satu dengan yang lain.ada empat macam bentuk selaput dara yaitu:
1.      Annular Hymen : bentuk selaput dari ini melingkar penuh lubang “Miss V”
2.      Separate Hymen : bentuk selaput dara ditandai dengan adanya beberapa lubang yang  terbuka
3.      Cribriform Hymen : bentuk selaput dara ditandai dengan beberapa lubang terbuka, tapi lubang lebih kecil dan terdiri dari banyak lubang dibandingkan separate hymen.
4.      Paraous Introitus : hal ini terjadi pada perempuan yang sangat pengalaman berhubungan sex, bisa saja lubang selaput daranya masih tersisa/tidak robek atau pecah hanya membesar namun masih menyisakan jaringan selaput dara.

2.5 Menurut Hukum Kesehatan
Satu-satunya alasan yang agak masuk akal untuk melakukan tindakan tersebut dan diperbolehkan secara hukum adalah penggunaan untuk wanita korban pemerkosaan yang keperawanan atau salaput daranya rusak oleh penganiayaan. Tapi untuk hal itu ada langkah legal yang dapat ditempuh yaitu dengan operasi oleh dokter spesialis dengan keterangan dari kepolisian dan visum et repertum dari bagian forensik serta dengan seizin orang tua tentunya.
Dokter Boyke pernah menyatakan bahwa penggunaan produk ini tidak cukup aman, penggunaan produk ini beresiko mengakbatkan penyakit yang mengganggu organ intim wanita atau bahkan bisa memicu kanker karena bagaimanapun memasukkan benda asing yang mengandung bahan kimia dan cairan kimia ke dalam organ intim jelas tidak aman. Apalagi sekarang sudah beredar pula selaput dara buatan palsu. Begitulah di Indonesia barang apapun hampir selalu ada bajakannya. Coba bayangkan seberapa beresikonya produk ini. Sudah buatan palsu pula.

2.6 Menurut Hukum Agama Islam
Ø  Surat An-nisa 21
            Artinya            : Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.  
Ø  Ibnu Umar r.a berkata bahwa Rosullah SAW mendatangi kami kemudian beliau  bersabda “wahai kaum Muhajirin,5 perkara yang kalau kamu telah mengerjakanya,maka tiada kebaikan lagi bagi kamu dan aku berlindung kepada Allah,supaya kamu tidak menemui zaman itu ,perkara-perkara itu ialah:
1.         Beraniaya suatu kaum berzina secara terangan-angan maka akan ada penyakit menular yang membawa  secara cepat dan  penyakit tersebut belum pernah menimpa umat-umat terdahulu.
2.         Mengurangi timbangan ,maka mereka akan di uji dengan kemarau panjang,kesulitsn mencari rizki dan kedhaliman darikalangan pemimpin mereka.
3.         Menahan zakatyang dengan itu Allah menahan air hujan dari ingat,jika tiada binatang (yang juka hidup di bumi)tentunya mereka tidak akan diberi hujan sedikitpun oleh Allah.
4.         Menyalahi janji Allah dan Rosul-Nya segingga Allah menurunkan musuh yang merampas sebagaian yang ada di tangan mereka.
5.         Apabila pemimpin mereka tidak melaksnakan hukum Allah yang terkandung dalam Al-Qur’an dantidak mau menjadikanya sebagai pilihan,maka Allah menjadikan bencana dikalangan merek sendiri.”(HR.ibnu Majah).
Ø  Salah satu tokoh agama di Mesir bahkan meminta pengimpor dan pengguna alat tersebut dikucilkan. “Memalukan sekali jika partai yang berkuasa mengizinkan produk ini dijual di toko-toko di Mesir,” tegas Askar. Sementara itu, tokoh agama Mesir, Abdel Moati Bayoumi meminta, siapapun yang mengimpor alat tersebut harus dihukum. “Produk ini mendorong terjadinya hubungan seksual terlarang. Produk ini tidak boleh diimpor karena hanya membawa masalah daripada manfaat. Siapapun yang mengimpornya harus dihukum,” kata Bayoumi.














BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
                        Alat superviolet ini sangat tidak diperbolehkan oleh agama Islam yang  diklaim untuk membantu para wanita yang sudah tidak perawan dan baru menikah untuk mengelabui suaminya bahwa ia masih perawan. Alat ini juga diklaim untuk membantu para wanita yang sudah tidak perawan dan baru menikah untuk mengelabui suaminya agar dikira masih perawan.alat ini memang sangat di inginkan oleh kaum wanita yang himennya sudah pecah tetapi ingin memuaskan atau mengelabuhi suaminya agar di anggap suaminya bahwa ia masi perawan. Tidak mengandung bahan-bahan berbahaya,tidak menggunakan pewarna dan juga tidak menyebabkan elergi. Alat itu kemudian menyebar ke Thailand dan sekarang tersedia di Asia Tenggara, Asia Selatan dan di negara-negara Timur Tengah. Menurut al-qur’an ,hadis dan para ulama pemakaian lat ini sungguh tidak diperblehkan krena itu termasuk hal yang membohongi suaminya sendiri dan didalam ajaran islam perbuatan smacam itu dilatang.pemakaian alat superviolet dalam agama Islam sangat dilarang.
3.2 Saran
            Dalam ajaran Islam pemakaian selaput dara buatan sendiri untuk sangat tidak baik karena melanggar dari ajaran-ajaran Allah. Produk ini mendorong terjadinya hubungan seksual terlarang. Sebagai saran kami selaku penyusun dalam makalah ini, hendaknya kita sebagai wanita khususnya beragama Islam, hendaknya kita selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat kita sebagai wanita Muslim.







DAFTAR PUSTAKA

Prawirohardjo, Sarwono.2005. Ilmu Kebidanan.Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Varney, Helen dkk.2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta: EGC
http://www.alatsuperviolet.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Selaput_dara



Previous
Next Post »

Translate