Salam Sehat dan Harmonis

-----

IMPOR BERAS DIBUKA AGUSTUS 2004


IMPOR BERAS DIBUKA AGUSTUS 2004


Pemerintah akhirnya memperpanjang larangan impor beras sampai juli 2004. Ini berarti impor beras akan dibuka kembali pada Agustus 2004. Karena sampai bulan tersebut menurut menteri pertanian stok beras nasional masih aman.


Ø  KELEMAHAN
-          Terlalu tergantung pada pihak luar
-          Kurangnya pemanfaatan lahan yang ada
-          Cara bertani masyarakat masih rendah dan peralan yang ada masih terbatas


Ø  KELEBIHAN
-Deangan asana impor beras maka keadaan stok yang ada dalam negeri tidak akan kosong atau kekurangan oleh karena itu ketentuan tersebut akan terus di tinjau mengenai perlu tidaknt\ya perpanjangan larangan impor lagi dengan mempertimbangakan kondisi stok nasional.
-          Pemerintah juga akan terus memantau kondisi stok beras nasional setiap bulan untuk menentukan apakah impor beras perlu dibuka atau tidak.
-          Melalui kebijakan itu pada prinsipnya pemerintah ingin melindungi dan meningkatkan pendapatan petani.

v  SARAN
Bangsa indonesia adalah bangsa yang terkenal akan sumberdaya alam oleh karena itu agar kita tidak tergantung dengan pihak lain, kita harus dapat memanfaatkannya dengan mengolah secara optimal sumberdaya alam yang ada agar tidak terbuang dengan sia-sia yang nantinya akan akan dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat, sehingga akan memajukan perekonomian indonesia.













OPTIMIS REBUT PASAR LNG CHINA


Jakarta upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian yang semakin terpuruk mulai tampak yakni dengan usaha memasarkan Gas alam cair (LNG) kepasar luar negeri, yakni china provinci fujian yang disepakati sebesar 2,6 juta ton pertahu mulai 2007, setelah sukses memasarkan LNG ke AS sebesar 3,7 juta pertahun. Mengingat market china masih besar, yab\ng diambil dari lapangan tangguh, papua yang dioperasikan BP indonesia dengan menggunakan 2 pendekatan Business to business dan Government to government.

v  KELEMAHAN
1.      Indonesia sering mengalami kalah tender dengan
a.       Australia tahun 2002 memasok ke china
b.      Dengan Qadar yang mengandeng china petroleum company (CPC) untuk pasokan ke taiwan
                                               
v  KELEBIHAN
a.       Upaya dan keoptimisan pemerintah sangat mempengaruhi keberhasilan tender tersebut yang sangat berpengaruh pada kemajuan perekonomian indonesia
b.      Pendekatannya dilakukan dengan 2 cara yaitu Business to Business dan Government to government. Guna melakukan pendekatan ke konsumen china untuk mendapat konsumen baru dan perpanjangan kontrak.
c.       Pemanfaatan SDA secara tepat dan optimal dengan menggunakan tenaga ahli (SDM) dalam negeri.

v  KRITIK
-          Selama ini kita kurang memanfaatkan SDA yang ada
-          Kurang percaya pada kemampuan para ahli dalam negeri sendiri yang selalu menggunakan tenaga asing sehingga penggeluaran semakin besar.

v  SARAN
Bangsa indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan kekayaan alam yang sangat berlimpah dan beragam, mengingat hal itu kita mempunyai peluang pasar yang sangat besar keluar negeri, kita bisa menggolah SDA yang ada secara efektif dan efisien dengan memakai tenaga ahli dari dalam negeri, yang dapat meningkatka perekonomian negara demi kesejahteraan masyarakat.



 
Previous
Next Post »

Translate