Info Kesehatan

healhty

Jumat, 13 April 2012

IPTEK MEMPENGARUHI AKAL BUDI MANUSIA



Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dapat menjadi bukti bahwa akal budi manusia memiliki kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan

Pada zaman modern ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin maju yang terus-menerus berkembang pesat di kehidupan sehari-hari sehingga membuat perkembangan daya pikir manusia semakin kreatif. Dalam kebudayaan masyarakat pasti mengalami perubahan-perubahan. Dimana perubahan itu ada yang bersifat kurang menarik, bersifat lambat, dan adapula perubahan yang bersifat cepat.
Keberadaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam masyarakat menjadikan kehidupan manusia lebih berkembang dan lebih maju dengan seiring perkembangan saat ini. Pada zaman modern ini Ilmu Pengetahuan yang terwujud dalam teknologi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ternyata membawa masyarakat pada kehidupa lain yang berbeda dari kehidupan yang sekarang. Teknologi menyalurkan banyak hal bagi masyarakat. Baik yang memberikan dampak yang positif maupun dampak yang negatif. Karena hasil akhir dan bagaimana teknologi itu digunakan turut mempengaruhi kehidupan manusia.
Namun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tidak bisa terlepas dari masyarakat dan bahwa masyarakat juga mempengaruhi jalannya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Artinya masyarakat, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Ilmu Pengetahuan merupakan suatu hasil ciptaan manusia pengetahuan itu sesuatu yang mungkin dan realistis, dengan sumber historis yang didokumentasikan secara baik dan pasti yang kandunganya telah ditentukan oleh para ahli yang terpercaya yang mempraktekkan dan menguraikannya.
Sekarang manusia sudah mulai berfikir rasional dengan memanfaatkan teknologi yang ada dalam kehidupannya. Dengan demikian, kwalitas Sumber Daya Manusia juga mengalami pergeseran mutu ke arah yang lebih baik. Semakin banyak orang yang mahir di dunia ini, otomatis bertambah pesat pula gagasan yang muncul sebagai inovasi-inovasi baru.
Hasil akhir berfikir adalah palaksanaan dan hasilnya bukan lagi merupakan bagian, melainkan telah merupakan area kegiatan berfikir yang dapat mempengaruhi pikiran kita yang selanjutnya mempengaruhi pemikiran yang akan datang. Jadi, hasil akhir pemikiran seseorang dapat merubah persepsi yang awalnya buruk menjadi baik, atau sebaliknya.
Dengan adanya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini seharusnya kita gunakan untuk hal-hal yang positif sehingga bisa mengembangkan kreativitas kita. Seorang yang kreatif tidak akan dapat hanya berpangku tangan dan berdiam diri. Orang yang kreatif adalah orang yang selalu bisa menemukan ide-ide cemerlang dan mengembangkan teknologi yang telah ada menjadi sesuatu yang lebih berguna. Sedangkan seseorang yang menggunakan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam hal yang negatif  hanya akan menimbulkan masalah di dunia.















DAFTAR PUSTAKA

Bumi Pertiwi Haus Akan Kreativitas Penerus Bangsa. (2010, 26 April) Iqro; hlm. 54.

Qadir, C. V. (1995). Ilmu Pengetahuan Dan Metodenya.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Soekanto, Soerjono. (1982). Sosiologi suatu pengantar. Raja Grafindo Persada.

Supriyanto. (2007). Antropologi. Surakarta. Mediatama

Ust. Husein Al-Kaff (2010). Filsafat Ilmu. diakses pada tanggal 1 Desember 2010 dari http://aljawad.tripod.com/artikel/filsafat_ilmu.htm




















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar