Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

-----

MAKALAH APENDISITIS


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada klien dengan post operasi apendisitis melalui pendekatan proses keperawatan. Apendisitis merupakan masalah yang sering ditemukan pada klien dengan gangguan sistem gastrointestinal. Kebanyakan klien yang masuk ke rumah sakit dengan gejala nyeri pada kuadran kanan bawah dan abdomen. Berdasarkan data yang diperoleh dari RSUD. Syekh Yusuf didapatkan bahwa dari tahun 2005 sampai bulan Maret 2006 terjadi peningkatan kasus apendisitis.
Apendiks adalah ujung seperti jari yang kecil panjangnya kira-kira 10 cm melekat pada sekum. Apendiks berisi makanan dan mengosongkan diri secara teratur ke dalam sekum.
Apendisitis penyebab paling umum inflamasi akut pada kuadran kanan bawah dan rongga abdomen. Kira-kira 7 % dan populasi akan mengalami apendisitis pada waktu yang bersamaan dalam hidup mereka: pria lebih dipengaruhi daripada wanita.
Berdasarkan kasus yang ditemukan pada klien dengan gangguan sistem intestinal: apendisitis dan gambaran di atas sekiranya perlu dilakukan asuhan keperawatan pada klien dengan post operasi Apendisitis melalui pendekatan proses keperawatan

B.     Tujuan
  1. Tujuan Umum
Memperoleh pengalaman nyata dalam melakukan asuhan keperawatan pada klien dengan post operasi apendisitis dan diharapkan mampu mengidentifikasi seluruh masalah yang terjadi sehubungan dengan post operasi apendisitis.
  1. Tujuan Khusus
a.       Mahasiswa mampu mengkaji klien dengan masalah utama post operasi apendisitis.
b.      Mahasiswa mampu merumuskan diagnosa keperawatan klien dengan masalah utama post operasi apendisitis
c.       Mahasiswa mampu melaksanakan tindakan keperawatan klien dengan masalah utama post operasi apendisitis
d.      Mahasiswa mampu mengimplementasikan rencana keperawatan klien dengan masalah utama post operasi apendisitis
e.       Mahasiswa mampu mengevaluasi tindakan keperawatan klien dengan masalah utama post operasi apendisitis
C.    Manfaat Penulisan
1.      Mahasiswa memperoleh gambaran dan pengalaman belajar dalam merawat klien dengan masalah utama post operasi apendisitis.
2.      Sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa khususnya pada asuhan keperawatan klien dengan masalah utama post operasi apendisitis.
3.      Sebagai bahan masukan kepada perawat ruangan dalam merawat klien dengan masalah utama post operasi apendisitis pada khususnya dan pada rumah sakit pada umumnya.
D.    Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah mi yaitu:
1.      Metode kepustakaan
Metode penulisan dengan menggunakan beberapa literatur sebagai sumber
2.      Metode wawancara
Data diperoleh dengan cara wawancara langsung kepada klien dan keluarga
3.      Metode observasi
Dengan mengobservasi langsung klien dengan masalah utama post operasi apendisitis.
Previous
Next Post »

Translate