SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
SOSIALISASI SESI I DAN SESI II
- Pokok Bahasan : Terapi Aktivitas Kelompok (TAK)
- Sub Pokok Bahasan : Terapi Aktivitas Kelompok sosialisasi
- Waktu : Rabu 5 Januari 2005
4.
Sasaran : Klien dengan menarik diri yang telah
melakukan interaksi interpersonal dan klien dengan kerusakan komunikasi verbal
yang telah berespon sesuai stimulus di Ruang 23 RSSA Malang
5.
Penyaji :Kelompok X dan Kelompok XV Praktek
Klinik Keperawatan Program Studi Keperawatan Malang
1.
Defi Adriyanto
2.
Elly Nufriyanti
3.
Hardityo Fajarsiwi
4.
Nailil Baroroh
5.
Siti Juwariyah
6.
Khamari
7.
Imaniah Kusuma Wardhani
8.
Titin Miharti
9.
Tri Trisna Budi Dewi
10.
Ria Susana
11.
Agus Wibisono
6.
Alat dan Sarana
a.
Tape Recorder
b.Kaset
c.
Bola tennis meja
d.
Buku catatan dan pulpen
7.
Tujuan
Tujuan Umum :
Klien dapat meningkatkan hubungan interpersonal dengan
kelompok secara bertahap
Tujuan Khusus
1.
Klien mampu menyebutkan jati
dirinya
2.
Klien mampu menyebutkan jati diri anggota kelompok
3.
Klien mampu bercakap – cakap
dengan anggota kelompok
4.
Klien mampu bekerja sama dalam
permainan sosialisasi kelompok
5.
Klien mampu nenbicarakan dan
menyampaikan topic percakapan
8. Struktur Terapi Akstifitas Kelompok Sosialisasi
1.
Tempat : Ruang Rehabilitasi Ruang 23 RSSSA Malang
2.
Pukul : 09.00 WIB
3.
Lama TAKS : 2 Sessi @ 30 menit
4.
Alokasi Waktu : Untuk masing – masing sessi
Fase Orientasi 5 menit
Fase Kerja 20 menit
Fase Terminasi 5 menit
5.
Jumlah anggota kelompok : 4 - 6
orang
6.
Alat yang dipakai : Bola pimpong, tape recorder dan
kaset
7.
Metode : Dinamika Kelompok, Diskusi dan
Tanya jawab, serta bermain peran
RENCANA
KERJA TAK SOSIALISASI
A. Diskripsi
Terapi
Aktivitas Kelompok Sosialisasi ( TAKS ) adalah upaya memfasilitasi kemampuan
sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan social
B. Karakteristik
1. Klien dalam keadaan tenang
2. Klien tidak sangat takut bicara
3. Klien mulai berespon terhadap stimulus
4. Klien telah melakukan interaksi interpersonal
5. Tidak efektif dalam hubungan antar pribadi
6. Tidak terlalu banyak permintaan
C. Indikasi Masalah Klien
1. Klien MD
yang telah melakukan interaksi Interpersonal
2. Klien
dengan kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai dengan stimulus
D. Persepsi
- Terapis
·
Leader : Defi Adriyanto
·
Co Leader : Hardityo Fajarsiwi
·
Observer : Imaniah, Ria Susana, Nailil baroroh
·
Fasilitator : Elly Nufriyanti,
Siti Juwariyah, Agus Wibisono, Titin Miharti, Tri Trisna, Khamari
- Lingkungan
Peralatan
- Absensi Klien
- Alat Evaluasi
- Kapur / Spidol
- Buku Catatan dan Pulpen
- Denah Kegiatan TAK Sosialisasi
KETERANGAN :
1.
L : Leader
2.
Co L : Co Leader
3.
Pn : Pasien
4.
Fn : Fasilitator
5.
Obn : Observer
6.
n : 1,2,3,4……..dst
SESI I
A. Orientasi
1. Salam Terapeutik
“ Selamat pagi mas – mas semua ? Bagaimana kabar mas
hari ini? Apakah semua baik – baik saja? Semuanya sudah mandi khan, sedah
sarapan dan minum obat khan? Mas kami ini dari Program Studi Keperawatan
Malang, nama saya Defi Adriyanto, saya disini tidak sendirian saya ditemani oleh
teman – teman juga dari Program Studi Keperawatan Malang. Saya perkenalkan satu
persatu pertama Hardityo Fajarsiwi, Elly Nufriyanti, Nailil baroroh, Siti
Juwariyah, Khamari, Trisna, Titin,
Imaniah, Ria Susana, dan Agus.
2 Evaluasi
“ Bagaimana perasaan mas hari ini? Apakah semuanya baik
– baik saja , Semua sudah makan? sudah mandi?
- Kontrak
“Mas – mas semuanya hari ini kita akan melakukan
permainan. Tujuan dari permainan ini adalah agar mampu menyebutkan jati diri
mas-mas sekalian, misalnya nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi mas agar
temannya yang lain tahu dan kita semua saling mengenal!” Sebelumnya saya kan menjelaskan aturan
main setiap anggota kelompok harus memperkenalkan diri anggota kelompok yang
lain, jadi nanti semua pasti dapat bagian. Dan jika ada yang ingin meninggalkan
ruangan harus meminta ijin pada pemimpin permainan yaitu saya sendiri, jika
tidak maka nanti akan mendapatkan hukuman menyanyi, setuju !!! Kita nanti akan
bermain selama 30 menit dan semuanya harus mengikuti permainan ini dari awal
sampai dengan akhir setuju !!! Oke sebelum kita mulai permainan kita berdo’a
dulu : Berdo’a mulai. Selesai.”
2. Tahap Kerja
“Baiklah sekarang musik akan saya hidupkan kemudian bola
pingpong ini akan diedarkan keteman sebelah kirinya. Bila musik ini dimatikan
maka yang memegang bola terakhir wajib memperkenalkan diri didepan anggota
kelompok yang lain dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal dan
hobi dan jika sudah selesai maka musik akan diputar lagi dan bola tennis begitu
seterusnya sampai semua akan mendapatkan giliran. Sebelumya akan kami berikan
contoh dulu ya? Sekarang musiknya dihidupkan nah sekarang giliran mas Fajar.
Ayo silakan mas mas menyebutkan nama lengkap, panggilan, asal adan hobi.
Assalamualaikum nama lengkap saya hardityo fajarsiwi biasa dipanggil Fajar Asal
dari Nganjuk dan hobi saya tidur. Nah jadi seperti itu aturan mainnya! Bagaimana
semua sudah mengerti khan dan siap untuk bermain ya? Siap !!!
( Berikan pujian pada klien yang telah dengan baik
menyebutkan nama, asal, dan hobbynya )
3. Tahap terminasi
a. Evaluasi
“ Bagaimana
perasaan mas setelah mengikuti permainan tadi? semuanya berjalan dengan bagus
sekali ya? Kalau begitu mari kita lihat hasil evaluasi kegiatan sementara dari
permainan yang telah kita lakukan”
b. Rencana Tindak Lanjut
“Setelah kegiatan ini semua nanti
mencoba berkenalan dengan teman sekamar yang belum dikenal. Semuanya harus
berusaha untuk saling berbicara “
c Kontrak Yang akan datang
“Setelah ini kita istirahat selama 5
– 10 menit kemudian akan kiata lanjutkan dengan kegiatan yang nantinya mas
harus bisa menanyakan identitas teman
yang ada disebelah kanannya”.
SESI II
A. Orientasi
1. Salam Terapeutik
“ Selamat pagi mas – mas semua ? Bagaimana setelah
beristirahat selama 5 – 10 menit? Apa semuanya sudah siap untuk bemain lagi?”
2 Evaluasi
“ Bagaimana apakah sudah berbicara dengan yang lain?
Sudah
3.Kontrak
“Mas – mas kita akan melakukan permainan lagi. Tujuan
dari permainan ini adalah agar mas bisa bertanya pada yang lain tentang nama
lengkap, nama panggilan, asal dan hobinya agar kita semakin akrab” Aturan
mainnya sama dengan permainan pertama yaitu tiap anggota mempunyai kesempatan
untuk bertanya pada anggota kelompok yang lain. Dan jika ada yang ingin
meninggalkan ruangan harus meminta ijin pada pemimpin permainan yaitu saya
sendiri, jika tidak maka nanti akan mendapatkan hukuman menyanyi, setuju !!!
Kita nanti akan bermain selama 30 menit dan semuanya harus mengikuti permainan
ini dari awal sampai dengan akhir setuju !!!
2. Tahap Kerja
Sebelumya akan kami berikan contoh dulu ya? Cara nya
sama seperti tadi siapa yang memegang bola terakhir akan memndapatkan giliran
untuk berkenalan dengan aanggota kelompok yang lain yang ada disebelah kanannya
dengan cara : 1. Memberi salam 2.
Menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, hobi, dan alamat 3. menanyakan nama
lengkap, nama panggilan, asal dan hobi teman yang ada disebelah kanan. Sekarang musiknya dihidupkan nah sekarang
giliran mbak Titin. Ayo silakan mbak berkenalan dengan teman mbak yang ada
disebelah kanannya dengan mengucapkan salam kemudian menyebutkan nama lengkap,
nama panggilan, hobi, dan alamat setelah itu menanyakan nama lengkap, nama
panggilan, asal dan hobi teman disebelah kanannya Titin : “Assalamualaikum nama
lengkap saya Titin Miharti biasa dipanggil Mak Titin Asal dari Sawojajar dan
hobi saya memasak. Nama mas siapa? Senang dipanggil apa? Asalnya dari mana?
Hobinya apa? Nah jadi seperti itu aturan mainnya! Bagaimana semua sudah
mengerti khan dan siap untuk bermain ya? Siap !!!
( Berikan pujian pada klien yang telah dengan baik
menyebutkan nama, asal, dan hobbynya )
3. Tahap terminasi
a. Evaluasi : “ Bagaimana perasaan mas setelah mengikuti permainan tadi?
semuanya berjalan dengan bagus sekali ya?”
b. Rencana Tindak Lanjut
“Setelah ini semuanya berusaha untuk berkenalan yang
lain, diingat – ingat lagi tadi namanya siapa? Asalnya dari mana? Hobinya apa?
Nanti kalau lupa ditanyakan lagi dan kalau ketemu dijalan saling menyapa ya?”
c Kontrak Yang akan dating
“Besok akan ada kegiatan selanjutnya tentang Tanya jawab
kehidupan pribadi dengan sesama teman, yang akan dipandu oleh perawat lainnya,
semua ikut ya ? biar lebih dekat dengan temannya “
F. Evaluasi Dan Dokumentasi
FORMAT EVALUASI
SESI I : TAKS
KEMAMPUAN MENYEBUTKAN JATI
DIRI
A.KEMAMPUAN VERBAL
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||||
1.
|
MENYEBUTKAN NAMA
LENGKAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
MENYEBUTKAN NAMA
PANGGILAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
MENYEBUTKAN ASAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
MENYEBUTKAN HOBI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. KEMAMPUAN NON VERBAL
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||||
1.
|
KONTAK MATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
DEDUK TEGAK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
MENGGUNAKAN
BAHASA TUBUH YANG SESUAI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
MENGIKUTI
KEGIATAN DARI AWAL SAMPAI DENGAN AKHIR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F. Evaluasi Dan Dokumentasi
FORMAT EVALUASI
SESI II : TAKS
KEMAMPUAN MENYEBUTKAN JATI
DIRI ANGGOTA KELOMPOK LAIN
A.KEMAMPUAN VERBAL
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||||
1.
|
MENYEBUTKAN NAMA
LENGKAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
MENYEBUTKAN NAMA
PANGGILAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
MENYEBUTKAN ASAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
MENYEBUTKAN HOBI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. KEMAMPUAN NON VERBAL
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||||
1.
|
KONTAK MATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
DEDUK TEGAK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
MENGGUNAKAN
BAHASA TUBUH YANG SESUAI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
MENGIKUTI
KEGIATAN DARI AWAL SAMPAI DENGAN AKHIR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon