SATUAN ACARA PENYULUHAN
Mata Ajaran : Keperawatan
Anak Dalam Konteks Keluarga
Topik : Tumbuh Kembang Anak
Sub Topik : Mengasuh
dan Membimbing Anak Toddler
Sasaran : Keluarga
dengan anak toddler ( Usia 1 – 3 Tahun)
Tempat : Ruang Bougenville RSUP Persahabatan
Hari/Tanggal : Selasa,
13 April 1999
Waktu : Pk. 16.00 – 17.00 WIB ( 1 jam )
I. LATAR BELAKANG
Usia toddler
merupakan usia yang sangat memerlukan perhatian khusus dari orang tua anak,
pada usia ini sering
pula disebut periode buruk dimana anak mulai mengeksplorasi lingkungan :
Bagaimana sesuatu itu bekerja, apa arti kata “tidak” dan timbulnya sifat-sifat tempertantrum, negativisme dan
obstinancy pada anak. Pada usia ini jika anak berhasil melewatinya dengan baik,
maka perkembangan konsep dirinya akan berkembang baik, anak akan dapat
berhubungan dengan orang lain secara sehat.
Menurut pengamatan selama
dinas praktek di Ruang Bougenville RSUP Persahabatan selama 3 minggu,
didapatkan data bahwa banyak orang tua dari anaknya yang dirawat di ruangan tersebut
mempunyai anak pada usia toddler (baik anak yang dirawat maupun anaknya yang
lain yang tidak dirawat) dimana mereka ketika ditanyakan keadaan anaknya pada
usia toddler tersebut kurang dapat memahaminya bagaimana tugas perkembangan
dari anak usia toddler tersebut.
Dari uraian tersebut di
atas maka kami akan mengambil bahan untuk penyuluhan dengan fokus perhatian
pada perawatan pada anak usia toddler terutama bagaimana cara mengasuh dan
membimbing anak pada usia tersebut secara teoritis ilmiah yang telah dicoba dan
diteliti sebelumnya.
A. TUJUAN INTRUKSIONAL UMUM
Pada akhir proses penyuluhan keluarga
dapat mengenal dan memahami cara mengasuh dan membimbing anak usia toddler.
B. TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah diberikan
penyuluhan keluarga dapat :
1.
Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2.
Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam
mengasuh dan membimbing anak
3.
Menyebutkan hakikat mengasuh dan membimbing anak
4.
Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia
toddler (1 – 3 tahun)
C. SASARAN
Keluarga dengan
anak usia toddler dengan latar pendidikan yang berbeda (10–15 orang)
D. MATERI ( Terlampir)
1.
Mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing
anak
3.
Hakikat
mengasuh dan membimbing anak
4.
Mengasuh
dan membimbing anak usia toddler 1 – 3 tahun
E. METODE
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
F. MEDIA
1.
Flip
Chart
2.
Leaflet
3.
Poster
G. METODE EVALUASI
1.
Keluarga dapat menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan
dibimbing
2.
Keluarga dapat menyebutkan tentang hal yang perlu
diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3.
Keluarga dapat menjelaskan tentang hakekat mengasuh dan
membimbing anak
4.
Keluarga dapat menjelaskan tentang mengasuh dan
membimbing anak usia toddler (1 – 3 tahun)
H. KEGIATAN PENYULUHAN
No.
|
Waktu
|
Kegiatan Penyuluhan
|
Kegiatan Audience
|
1.
|
10 Menit
|
Pembukaan
1.
Penyuluh
memulai penyuluhan dengan mengucapkan salam
2.
Memperkenalkan
diri
3.
Menjelaskan
tujuan penyuluhan
4.
Menyebutkan
materi yang akan diberikan
5.
Membagikan
leaflet
|
1.
Menjawab
salam
2.
Memperhatikan
3.
Memperhatikan
4.
Memperhatikan
5.
Menerima
dan membaca
|
2.
|
35 Menit
|
Pelaksanaan :
1.
Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2.
Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam
mengasuh dan membimbing anak
3.
Menyebutkan hakikat mengasuh dan membimbing anak
4.
Memberikan
kesempatan pada audience untuk bertanya dan memberikan jawaban atas
pertanyaan
5.
Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia
toddler (1 – 3 tahun)
6.
Memberikan
kesempatan pada audience untuk bertanya dan memberikan jawaban atas
pertanyaan
|
1.
Memperhatikan
2.
Memperhatikan
3.
Memperhatikan
4.
Bertanya
dan mendengarkan jawaban
5.
Memperhatikan
6.
Bertanya
dan mendengarkan jawaban
|
3.
|
10 Menit
|
Evaluasi :
1.
Meminta
audience menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2.
Meminta
audience menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan
membimbing anak
3.
Meminta
audience menyebutkan tentang hakikat mengasuh dan membimbing anak
4.
Meminta
audience menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 - 3
tahun)
|
1.
Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2.
Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam
mengasuh dan membimbing anak
3.
Menyebutkan tentang hakikat mengasuh dan membimbing
anak
4.
Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia
toddler (1 – 3 tahun)
|
4.
|
5 Menit
|
Terminasi
1.
Mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan
2.
Mengucapkan
salam penutup
|
1.
Memperhatikan
2.
Membalas
salam
|
I. PENGORGANISASIAN KELOMPOK
Pembawa Acara : Triyani
Penyuluh : IGA Dewi Purnamawati
: Titik Juwariah
Observer : Irman Somantri, Tjahjanti
K.
Fasilitator : Mulyadi, Novizar, Agus
Mulyadi
J. DAFTAR PUSTAKA
Markum A.H., Buku
Ajar Ilmu Kesehatan Anak, Jilid 1, Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas
Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 1991
Soetjiningsih,
Tumbuh Kembang Anak, Cetakan I, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 1995
Whaley &
Wong, Nursing Care of Infant’s and Children, Fifth Edition, Mosby
Company, Missouri,
1995
Martono,
Lydia Herlina, Mengasuh dan Membimbing Anak Dalam Keluarga, Edisi I, PT
Pustaka Antara, Jakarta, 1996
ConversionConversion EmoticonEmoticon