Salam Sehat dan Harmonis

-----

KRAM DAN BENGKAK KAKI PADA IBU HAMIL


Bengkak kaki

 merupakan problem yang lazim terjadi pada wanita yang sedang berbadan dua. Wanita hamil umumnya mengalami perubahan berat badan yang signifikan. Berat badan bertambah kurang lebih 11-15 kg. Pertambahan ini otomatis akan mempengaruhi sistem tubuh secara keseluruhan.

Kaki menanggung beban tubuh yang paling berat selama hamil. Karenanya berbagai gangguan sering terjadi pada anggota tubuh ini. Salah satunya adalah kaki bengkak. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Bila sedang berbaring, letakkan kaki di atas tumpukan bantal kecil. Sebaiknya Anda tidak berbaring pada satu posisi. Berbaring pada posisi yang berlainan dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah.
Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Usahakan memperbanyak gerak agar sirkulasi darah lancar. Latihan yang baik adalah jalan kaki dan senam secara teratur.
Kenakan sepatu ber-hak rendah agar Anda tidak mudah kehilangan keseimbangan dan sikap tubuh terjaga.
Istirahat teratur. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh serta melancarkan peredaran darah.
Perhatikan asupan makanan. Sebaiknya kurangi konsumsi garam secara berlebihan karena dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Jika wanita hamil terkena tekanan darah tinggi, maka otomatis kaki akan bengkak.
Manjakan Kaki. Ada dua cara untuk memanjakan kaki selama hamil, yaitu siramlah kaki dengan air dingin. Mulailah dari telapak kaki, lutut, paha hingga pantat. Kemudian lakukan penyiraman dari atas ke bawah. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa menit sambil mengerak-gerakkan jari kaki Anda. Setelah itu rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam atau jeruk nipis. Upaya memanjakan kaki lainnya adalah dengan cara memijatnya dan tekan-tekanlah telapak kaki dengan menggunakan baby oil atau baby lotion setiap pagi dan malam. Kedua cara ini efektif. mencegah kaki menjadi bengkak, juga menjaga kesehatan dan keindahan kaki Anda selama hamil.
Jika Anda mengalami pembengkakan pada pagi hari atau berat badan Anda bertambah lebih dari 1 kg setiap minggu pada pertengahan kehamilan, waspadalah. Karena ini bisa jadi merupakan tanda-tanda terjadinya keracunan kehamilan. Segera periksakan ke dokter!




Kram

Menurut dr.Hengky Indradjaja, Kram otot merupakan kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan singkat sehingga menimbulkan nyeri.
ternyata, penyebab kram banyak buangeeeet:
1. Kurangnya aliran darah ke otot yang disebabkan adanya penumpukan asam laktat pada aliran darah akibat metabolisme tubuh yang kurang sempurna.
2. Kondisi udara yang dingin menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh yang terganggu sehingga sekali lagi mengganggu aliran darah dalam tubuh
3. Kram dapat disebabkan kelelahan, dehidrasi atau kekurangan cairan dan elektrolit, terutama Kalium dan Natrium
4. Bisa juga akibat trauma yang dialami oleh tulang atau otot
5. Kekurangan Magnesium maupun Kalsium
6. Kekurangan Vit. B1, B5 dan B6.
7. Beberapa obat, seperti obat pelancar kemih dan penurun/peluruh lemak juga bisa menyebabkan kram.
8. Para penderita Hiperkolesterol dan Diabetes. Hal ini disebabkan sirkulasi darah ke otot yang kurang baik karena tingginya kolesterol dalam darah atau pembuluh darah yang mudah rusak
9. Pada Ibu Hamil, kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebih sehingga serabut syaraf pada kaki tertekan.

Pencegahan juga ga kalah banyak neh:
1. Hindari pekerjaan yang membuat Anda berdiri terlalu lama (khususnya untuk Ibu Hamil)
2. Lakukan peregangan otot dan latihan pernapasan secara pada saat sebelum berolahraga dan sebelum tidur selama beberapa saat
3. Usahakan agar kaki tetap hangat ketika tidur.
4. Hindari penegangan ujung jari kaki ketika tidur (bahasa gampangnya, waktu “ngulet” jari kakinya jangan menunjuk keluar).
5. Lakukan pemanasan serta latihan penapasan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
6. Hindari melakukan kegiatan berolahraga yang terlalu berat secara tiba-tiba, khususnya untuk yang belum terbiasa
7. Jangan lupa melakukan pendinginan setelah berolahraga
8. Setelah duduk terus menerus di depan komputer, atau perjalanan yang panjang di pesawat, tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit peregangan pada tubuh secara perlahan-lahan.
9. Untuk makanan, bisa mengkonsumsi pisang, karena kandungan mineral pada pisang dapat mengurangi kram dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung protein.
10. Jika kram terus terjadi, monggo loh untuk cek & konsultasi ke dokter.
Katanya Kram bisa menyebabkan varises tapi ternyata hal ini tidak dibenarkan oleh beberapa ahli. Tapi yang pasti kalau tidak dilakukan pencegahan & penanggulangan secara benar, kram otot dapat terus berulang.


Previous
Next Post »

Translate