Salam Sehat dan Harmonis

-----

ujian MSDM


Mata Ujian      :  Managemen SDM
Nama              :  Ary Famhudi
NBI                  :  121016002           

1.      Manusia dianggap sumber daya yang paling penting dalam suatu organisasi karena manusia merupakan penggerak dari sumber daya-sumber daya yang lain. Maka organisasi memerlukan sumber daya-sumber daya manusia yang berkualita, sehingga jika suatu organisasi tidak memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka organisasi tersebut tak akan mengalami kemajuan, bahkan  organisasi tersebut akan hancur.
2.      - Fungsi Manajerial: 
a.      Planing : penentuan program tenaga kerja yang akan membantu tercapainya sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
b.      Organizing : Alat untuk mencapai tujuan. Merancang organisasi berarti merancang struktur berbagai hubungan antar jabatan atau pekerjaan, personalia dan faktor fisik.
c.       Actuating : pengarahan, motivasi, pelaksanaan atau pemberi perintah. Agar orang mau bekerja sama dengan efektif.
d.      Controlling : fungsi manajerial yang berhubungan dengan pengaturan kegiatan agar sesuai dengan rencana tenaga kerja yang sebelumnya telah dirumuskan berdasarkan analisis terhadap sasaran organisasi.
- Fungsi Operasional:
a.      Pengadaan (procurement) : usaha memperoleh jenis dan jumlah yang tepatdari tenaga kerja yang diperlukan untuk mencapai sasaran organisasi. Fungsi ini meliputi penentuan sumber daya manusia yang dibutuhkan dan perekrutannya, seleksi dan penempatan.
b.      Pengembangan (training and development) : tenaga kerja yang sudah diperoleh harus dikembangkan lebih lanjut melalui usaha pelatihan dan pengembangan.
c.       Kompensasi (compensation) : balas jasa yang layak dan memadai kepada tenaga kerja sesuai dengan sumbangannya dalam pencapaian tujuan organisasi.
d.      Integrasi (integration) : penyesuaian kepentingan-kepentingan perorangan dengan kepentingan organisasi dan masyarakat.
e.      Pemeliharaan (maintenance) : mempertahankan dan meningkatkan kondisi yang telah ada.
f.        Pemutusan Hubungan Kerja (separation) : memutuskan hubungan kerja karyawan dengan organisasi dan mengembalikannya kepada masyarakat.
- Peran manajemen :
a.    Melakukan analisis pekerjaan (menetukan pekerjaan setiap karyawan).
b.    Merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan merekrut calon karyawan.
c.    Memilih calon karyawan.
d.    Mengorientasikan dan melatih karyawan-karyawan baru.
e.    Mengatur upah dan gaji (memberikan konseling dan memberikan disiplin).
f.     Memberikan insentif dan keuntungan.
g.    Menilai prestasi.
h.    Berkomunikasi (mewawancarai, memberiakn konseling dan memberikan disiplin).
i.     Melatih dan mengembangkan para manajer.
j.     Membangun komitmen karyawan
3.      Perekrutan karyawan yang dilakukan oleh suatu organisasi dengan cara merekrut orang dari dalam, misal: pengumuman lowongan kerja di publikasikan kepada keryawan dalam organisasi.
4.      Dalam suatu organisasi diperlukan suatu perencanaan sumber daya manusia, karena dengan perencanaan sumber daya manusia suatu organisasi memungkinkan untuk :
-         Memperbaiki penggunaan sumber daya manusia
-         Memadukan kegiatan-kegiatan personalia dan tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan dating secara efisien.
-         Melakukan pengadaan karyawan-karyawan secara ekonomis.
-         Mengembangkan informasi dasar managemen personalia untuk membantu kegiatan-kegiatan personalia dan unit-unit organisasi lainnya.

Faktor- faktor yang harus dipertimbangkan :
-         Kebijakan
-         Prosedur
-         Anggaran
-         Program
5.      Beberapa jenis tes penerimaan pegawai :
a.      Tes psikologis (Psychological test), tes yang mengukur atau menguji kepribadian atau temperamen, bakat, minat, kecerdasan dan keinginan berprestasi. Bentuk-bentuk  tes ini adalah:
-          Tes kecerdasan (intelligence test)
-          Tes kepribadian (personality test)
-          Tes bakat (aptitude test)
-          Tes minat (interest minat)
-          Tes prestasi (achievement test)
b.      Tes pengetahuan (knowledge test), bentuk tes yang menguji informasi atau pengetahuan yang dimiliki para pelamar. Pengetahuan yang diujikan harus sesuai dengan kebutuhan untuk melaksanakan pekerjaan.
c.      Performance test, bentuk test yang mengukur kemampuan para pelamar untruk melaksanakan beberapa kegiatan pekerjaan yang akan dipegangnya. Sebagai contoh, tes mengetik untuk calon pengetik.
6.      Maksud dari “The right man in the right job” adalah menempatkan seseorang pegawai sesuai dengan bidang yang dikuasai. Sebagai contoh, seseorang dengan keahlian bidang mesin atau elektro, akan lebih tepat jika ditempatkan sebagai teknisi dari pada sebagai accounting.
Previous
Next Post »

Translate