Salam Sehat dan Harmonis

-----

PROSES ADAPTASI PSIKOLOGI MASA BAYI


PROSES ADAPTASI PSIKOLOGI MASA BAYI
A. Pengertian Adaptasi/Penyesuaian diri
    Scneider mengemukakan banyak arti tentang penyesuaian diri. Penyesuaian diri dapat diartikan sebagai adaptasi yang berarti menyesuaikan diri untuk tujuan mempertahankan hidup dan biasanya bersifat biologis.
     Gerungan mengemukakan arti menyesuaikan diri dalam arti yang luas, dan berarti mengubah diri sesuai dengan keadaan lingkungan, tetapi juga mengubah lingkungan sesuai dengan keadaan (keinginan ) diri.


B. Proses Adaptasi Masa Bayi (pasca natal)
    a.  Perubahan Lingkungan.
         pada masa ini terjadi peralihan yang radikal dari lingkungan dalam kandungan  ke lingkungan luar (dunia), oleh karena itu bayi akan mengadakan berbagai penyesuaian. Penyesuaian tersebut terjadi pada:
·         Perubahan suhu
·         Bernafas
·         Mengisap dan menelan
·         Pembuangan
      b.  Akibat kegagalan adaptasi
         Hurlock (1992) Kegagalan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan tersebut akan berakibat munculnya gangguan perkembangan dalam berbagai aspek yaitu :
1.      penurunan berat badan. Ini karena gagal dalam menyesuaiakan diri untuk menghisap dan menelan.
2.      perilaku yang tidak teratur
pada hari I dan ke 2 pasca natal, semua bayi menunjukkan perilaku yang relative tidak teratur, spt ketidakteraturan dalam bernafas, sering kencing dan berak, berdesah dan muntah. Hal sebagian disebabkan adanya tekanan otak saat kelahiran sebagian karena susunan saraf otonom kurang berkembang.
3.      Kematian bayi

      c. Faktor yang mempengaruhi Penyesuaian Pascanatal
          1.  Lingkungan Pra Natal
               Kondisi ibu saat hamil yang kurang baik akan mempengaruhi perkembangan janin.
               Kondisi ibu hamil yang kurang baik dapat disebabkan karena kondisi ekonomi/kemiskinan sehingga gizi yang tidak mencukupi, penyakit diabetes, tekanan psikologis yang begitu kuat selama kehamilan.
               Tekanan psikologis/stres/depresi mengakibatkan janin menjadi hiperaktif selama bulan-bulan terakhir kehamilan, namun setelah lahir bayi akan menunjukkan gejala berat badan turun, sulit tidur,peka,cepat terganggu. Sehingga bayi-bayi ini akan mengalami neurotic
2.      Jenis Persalinan
Jeffcoate menunjukkan bahwa perjalanan yang paling berbahaya yang dialami setiap calon bayi adalah saluran lahir empat inci. Sedang Scwatz menekankan bahwa kelahiran merupakan proses kejam yang membahayakan kehidupan dan kesehatan anak.
Semain sulit persalinan, besar kemungkinannya terjadinya kerusakan.
Ketidakmampuan motorik, kelumpuhan cerebral palsy dan keterbelakangan mental seringkali dilaporkan sebagai akibat buruk dari persalinan yang sulit terutama harus digunakan sarana medis.
Bayi yang lahir dengan spontan bisanya lebih cepat dan lebih berhasil dalam penyesuaian di dengan lingkungan pasca Natal.
3.      Pengalaman yang Berhubungan dengan Persalinan
Ada 2 pengalaman yang berpengaruh besar pada penyesuaian pasca natal yaitu:
a.      seberajauh ibu terpengaruh oleh obat-obatan selama proses persalinan.
Ibu yang banyak meminum obat selama masa persalinan maka bayi akan menunjukkanperilaku kurang teratur dan banyak mengantuk selama tiga hari pertama, dibandingkan bayi yang ibunya tidak meminum obat saat melahirkan.
Obat anestesi dan analgesic sering kali menganggu penyesuaian diri yang harus dilakukakan bayi untuk menunjang kehidupan spt pernafasan spontan.
b.      mudah tidaknya bayi dapat bernafas.
Gampang tidaknya bayi bernafas setelah lahir  juga mempengaruhi penyesuaian diri.
               
4.      Lama periode Kehamilan
Bayi premature dengan bayi normal tentu berbeda dalam kemampuan adaptasi dengan lingkungan
5.      Sikap Orang Tua
Keberhasilan bayi dalam menyesuaikan lingkungan pasca natal sangat dipengaruhi sikap orang tua. Sikap orang tua yang menyenangkan yang tercermin dalam perlakuan terhadap bayi, akan memudahkan bayi menyesuaiakan dengan lingkungan.
Kondisi yang positif adalah:  interaksi bayi-orang tua yang tidak emosional,tidak ada kegelisahan, tidak ada penolakan
6.      Perawatan Pascanatal
Saat bayi dalam kandungan sudah terbiasa dengan lingkungan yang stabil dan kebutuhan tubunhnya terpenuhi secara otomatis tanpa adanya usaha, ketika lahir maka bayi harus tergantung pada orang lain dalam lingkungannya. Dan bayi yang baru lahir belum dapat mengungkapkan apa yang diinginkannnya. Oleh karena itu perawata pascanata sangat penting bagi bayi.
Ada 3 aspek yang penting yaitu :
a.      banyaknya perhatian yang diperoleh bayi untuk menyakinkan bahwa kebutuhannya akan terpenuhi dalam waktu yang relative cepat.
b.      Banyaknya rangsang yang diperoleh dari waktu ke waktu
c.       Derajad kepercayaan orang tua terutama ibu dalam memenuhi kebutuhan bayi.
         
Previous
Next Post »

Translate