Salam Sehat dan Harmonis

-----

PRAKTISI PERBANKAN DUKUNG LIKUIDASI BANK ASIATIC DAN BDB


PRAKTISI PERBANKAN DUKUNG LIKUIDASI BANK ASIATIC DAN BDB


            Pengamat ekonomi dan praktisi perbankan menunjukkan dukungannya terhadap langkah Bank indonesia (BI) yang melekuidasi PT Bank Asiatic dan PT Bank Dagang Bali (BDB). Hal ini bisa menjadi sinyal positif terhadap pasar, bahwa perbankan harus memiliki kesehatan yang optimal. Pengamat perbankan dan BNI mengungkapkan bahwa secara Bank Asiatic dan Bank Dagang Bali yang dipandang kecil dan dibandingkan 138 Bank yang ada di Indonesia membuat BI optimis tidak akan menimbulkan efek domino terlalu besar. Keputusan BI yang melikuidasi Bank Asiatic dan Bank dagang Bali (BDB) sebagai upaya pengawasan dan pembinaan terhadap perbankan nasional, tetapi sebelum dilikuidasi suatu Bank yang tidak sehat tersebut telah melalui masa pengawasan khusus.
            Dengan terlikuidasinya Bank tersebut, bagi perbankan nasional ini menjadi pelajaran berharga dalam memilih bank yang sehat sebagai tempat investasi. Dan sebelum melakukan investasi konsumen haruslah sangat selektif dalam melakukan pilihan bank yaitu dengan melihat stuktur modal kerja dan besarnya kredit macet dalam suatu bank.

v  KELEBIHAN
§      Bank Indonesia (BI) sebelum mencabut ijin operasi Bank tersebut, biasanya mengingatkan bahwa pemilik Bank untuk meningkatkan struktur permodalannya dan jika pemilik tidak mampu untuk meningkatkan modal tersebut, maka barulah otomatis Bank menyerah dan mencabut ijin tersebut.
§      bank Indonesia (BI) dalam masa krisis telah mampu menjalankan fungsi pengawasan secara efektif yaitu dengan bukti telah melikuidasinya PT Bank Asiafic dan PT Bank Dagang Bali yang tidak memenuhi syarat skala Basnk Asiafic dan Bank Dagang Bali di pandang kecil; di bandingkan 138 Bank yang ada di Indonesia.
§      Tidak mengeluarkan obligasi rekap yang biayanya terlalu tinggi terhadap perbankan yang tidak mungkin di sehatkan.
§      Bank Indonesia (BI) masih menjunjung tinggi prinsip ketelitian dan kehati-hatian dalam menjalankan tugasnya dan tidak harus ekspansi di masa mendatang

v  KELEMAHAN
§      Belum terbuatnya standar khusus sebagai panduan perbankan dalam Mmemilih Bank sehat dan bisa menerbitkan rasing seluruh Bank di indonesia atau membuat lisensi kinerja suatu Bank.
§      Untuk memperbaiki kinerjanya, karena cost yang harus dikeluarkan pemerintah untuk menyehatkan melalui BLBI (Bantuan likuidasi Bank indonesia) sangat tinggi.
§      Perlu untuk melakukan tindakan yang bersifat konkret dan tegas dalam menjaga industri perbankkan nasional.
§      Kedua Bank tersebut yaitu Bank Asiatic dan Bank Dagang bali (BDB) walaupun sudah lama mendapat pembinaan dari Bank indonesia (BI) namun masih tidak ada kemajuan.

v  SARAN
Untuk membuat standar khusus sebagai panduan perbankan dan bisa menerbitkan ranting seluruh Bank di indonesia serta membuat lisensi kinerja di Bank Indonesia mulai dari sangat sehat, sahat hingga tidak sehat.Sehingga konsumen tidak akan terjebak dalam memilih suatu bank. Dan masyarakat atau nasabah tidak perlu khawatir, karena dengan terlikuidasinya Bank- Bank pemerintah menjamin dana mereka melalui dana penjaminan.


Previous
Next Post »

Translate