Salam Sehat dan Harmonis

-----

Hipertensi esensial


 Hipertensi esensial

Wanita hamil dengan hipertensi esensial biasanya hanya menunjukkan gejala hipertensi tanpa gejala- gejala lain. Gejala – gejala sekunder seperti kelainan jantung, arteriosclerosis umum dalam otak, penyakit ginjal, perdarahan, atau eksudat retina baru timbul apabila penyakit nya sudah lanjut.
Meningkat nya tekanan darah disebabkan oleh meningkatnya hambatan dalam pembuluh – pembuluh darah darah perifer,terutama akibat vasokonstriksi umum.
Sebagian besar kehamilan dengan hipertensi esensial berlangsung normal sampai cukup bulan. Pada kira – kira sepertiga di antara para wanita yang menderita tekanan darah meningkat setekah kehamilan 30 minggu tanpa disertai gejala- gejala lain. Kira – kira 20% menunjukkan kenaikan yang lebih mencolok dan dapat disertai satu gejala pre eklampsi atau lebih, seperti edema, protein uria, nyeri kepala, nyeri epigastrium, muntah, gangguan visus ( superimposed pre eclampsia ), bahkan dapat timbul serangn eklampsi dan perdarahan otak.
Hipertensi esensial sering dijumpai pada multipara dalam usia lanjut, selain factor dan obesitas merupakan factor predisposisi.

 Penanganan

Apabila penyakit hipertensi esensial tidak berat dan tanpa penyulit, maka kehamilan dapat ditteruskan. Pengawasan antenatal seperti biasa dengan perhatian khusus pada istirahat dan pertumbuhan janin.

Istirahat. Wanita harus cukup tidur malam, sekurang kurang nya 8 – 10 jam, dan waktu siang hari harus tidur sedikit sedikit nya 2 jam .

Pengawasan pertumbuhan janin. Pertumbuhan dan kesehatan janin selama berlangsung nya kehamilan dan persalinan perlu mendapat pengawasan yang lebih teliti .pemeriksaan – pemeriksaan dan pengawasan khusus jika diperlukan seperti: sefalometri ultrasonik, elektrokardiografi fetal dll.

Obat hiposentif. Obet – obat untuk menurunkan tekanan darah perlu diberikan apabila tensi mencapai 160/110 atau lebih.

Kenaikan BB yang berlebihan sebaiknya dihindari. Wanita diberi diet tinggi protein, rendah hidrat arang, rendah lemak, dan rendah garam. Bahkan wanita yang terlampau gemuk perlu diturunkan BB nya.

Pengakhiran kehamilan, baik yang masih muda maupun yang sudah lanjut, perlu dilakukan apabila terjadi superimposed pre eklampsia, hipertensi ganas, atau apabila tekanan darah sudah meningkat mencapai 200/120 atau lebih dalam kehamilan muda.

 Prognosis
 
Prognosis ibu dengan hipertensi esensial berat dan kehamilan kurang baik. Kurang baik nya prognosis bagi janin disebabkan oleh sirkulasi utero plasenteryang kurang baik pada hiertensi berat. Janin bertumbuh kurang wajar dilahirkan prematur atau mati dalam kandungan. Sering pula terjadi solutio plasenta yang mempunyai akibat buruk baik bagi ibu maupun janin.

  Diagnosis

Diagnosis hipertensi sensial dalam kehamilan dibat apabila tekanan darah 140/100 atau lebih sebelum wanita menjadi hamil, atau menunjukkan kenaikan tekanan darah sebelum kehamilan mencapai 20 minggu, tanpa diertai gejala –gejala pre eklempsia, glomerulonefritis, atau pielonefritis
Untuk menilai keadaan penderita dan prognoosis,perlu pula dilakukan pemeriksaan jantung, air kencing, faal ginjal dan funduskopi.  
- Mengetahui, mengerti dan memahami penenganan penyakit jantung dalam kehamilan.
-Mengetahui, mengerti dan memahami tentang Asuhan Kebidanan untuk penyakit jantung      
dalam kehamilan.

1.3 Rumusan masalah
1.3.1 Apa etiologi dari penyakit jantung ?
1.3.2 Apa diagnosa dari penyakit jantung Pada kehamilan ?
1.3.3 Apa klasifikasi penyakit jantung pada kehamilan ?
1.3.4 Bagaimana penanganan penyakit jantung pada kehamilan ?
1.3.5 Apa kelainan-kelainan katup jantung yang menyertai kehamilan ?

1.4 Sistematika Penulisan
Makalah ASKEB IV Kehamilan dengan Penyakit Jantung terdiri dari BAB 1 Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan. BAB 2 Tinjauan Teori yang terdiri dari Etiologo Jantung, Diagnisa, Klasifikasi jantung, Penanganan, Kelainan Jantung. BAB 3 Tinjauan Kasus. BAB 4 Penutup yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran.




Previous
Next Post »

Translate