Salam Sehat dan Harmonis

-----

KOMPONEN SISTEM SARAF


Sebagian dari riset yang mengkaitkan  peristiwa psikologis dangan proses biologis akan didiskusikan kemudian dalam bab ini saat kita membicarakan misalnya, tentang presepsi, memori, atau motivasi. Bab ini hanya mencoba memberikan tinjauan singkat tentang sistem saraf.
KOMPONEN SISTEM SARAF
Unit dasar sistem saraf adalah suatu sel khusus yang dinamakan neuron. Pentingnya untuk mengenali neuron karena mereka tidak diragukan menyimpan rahasia bagaimana otak bekerja. Kita juga mengetahui peran mereka dalam transmisi impuls saraf,dan kita tahu bagaimana beberapa sirkuit neural bekerja, tetapi kita baru mulai mengungkapkan fungsi yang lebih kompleks dalam memori, emosi, dan proses berpikir.
NEURON DAN SARAF
a.       NEURON
Neuron memilki karakteristik tertentu. Menonjol dari badan sel adalah sejumlah cabang-cabang pendek yang dinamakan dendrit. Dendrit dan badan sel menerima impuls saraf dari neuron didekatnya. Pesan tersebut ditransmisikan keneuron lain (atau ke otot dan kelenjar) oleh tonjolan lain yang ramping seperti tabung yang dinamakan akson. Akson bercabang-cabang menjadi sejumlah kolateral yang berakhir dalam suatu tonjolan kecil yang dinamakan terminal sinaptik. Jika suatu impuls saraf berjalan, menuruni akson dan sampai diterminal sinaptik, ia memicu sekresi suatu zat kimia yang dinamakan neurotransmiter. Akson dari sejumlah besar neuron mungkin bersinaps pada dendrit dan badan sel satu neuron.
Terdapat tiga jenis neuron, antara lain:
-          Neuron sensorik
Mengirimkan impuls yang diterima oleh reseptor kesistem saraf pusat.
-          Neuron motorik
Membawa sinyal yang keluar dari otak atau medula spinalis ke organ efektor, yaitu otot dan kelenjar.
-          Interneuron
Menerima sinyal dari neuron sensorik dan mengirimkan impuls ke interneuron lain atau neuron motorik.

b.      SARAF
Adalah kumpulan akson yang keluar dari ratusan atau ribuan neuron. Satu saraf mungkin berisi akson dari neuron sensorik dan neuron motorik. Sistem saraf  juga memiliki sejumlah besar sel nonneuronal (sel glial). Diperkirakan jumlah neuron dan sel glial disistem saraf manusia sangat bervariasi, diotak manusia saja, perkiraan ini terentang antara 10 milyar sampai 1 triliun neuron, dan dari neuron diperkirakan jumlah sel glial sekitar 10 kali jumlah tersebut.
POTENSIAL AKSI
Informasi bergerak sepanjang neuron dalam bentuk impuls olektrokimiawi yang berjalan dari dendrit keujung akson. Kemampuan untuk menghasilkan potensial aksi adalah unik untuk neuron dan disebabkan karena banyaknya saluran ion dan pompa ion yang berada dimembran sel. Efek keseluruhan saluran dan pompa ion tersebut membuat membran sel sangat terpolarisasi, dengan muatan positif diluar dan muatan negatif didalam.
TRANSMISI SINAPTIK
Persambungan sinaptik  antara neuron memiliki kepentingan yang sangat besar karena ditempat ini terjadi transfer sinyal sel saraf. Yang memicu denyut tunggal singkat dan kemudian inaktif selama sepersekian ribu detik. Kekuatan impuls neuron adalah konstan dan tidak dapat dipicu oleh suatu stimulus kecuali mencapai nilai ambang yang sering dinamakan prinsip all-or-none. Neuron tidak berhubungan langsung disinaps terdapat sedikit celah yang harus diseberangi oleh sinyal yang ditransmisikan. Tetapi Neuron tertentu dapat menerima ribuan sinaps dari neuron tersebut melepaskan neurotransmiter yang bersifat eksitatorik,sedangkan neuron lain malepaskan neurotrasmiter yang bersifat inhibitorik.
NEUROTRANSMITER DAN NEURORESEPTOR
50 lebih neurotransmiter telah ditemukan dengan jenis yang berbeda dan masih banyak lainnya yang akan  ditemukan dimasa depan. Neurotransmiter juga juga dapat berkaitan dengan lebih dari satu jenis molekul transmiter, yang menyababkan efek yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis neutransmiter’ antara lain :
a.       Acetylcholine (ACh)
Merupakan neurotransmiter yang ditemukan pada banyak sinaps diseluruh tubuh. Ach banyak ditemukan terutama didaerah otak yang dinamakan hipokampus. Yang memiliki peran pentang alam pembentukan memori baru (Squaire,1987). Sel otak yang menghasilkan Ach cenderung  mengalami degenerasi pada penyakit alzheimer, Bila produksi Ach otak menurun, semakin sedikit Ach yang dihasilkan oleh otak, semakin serius gangguan daya ingat yang disebabkannya.

b.      Norepinephrine (NE)
Adalah suatu neurotransmiter yang dihasilkan terutama oleh neuronn dibatang otak. Dua obat yang terkenal, cocaine dan amphetamine, yang memperpanjang kerja ne  obat yang mempercepat pengambilan kembali ne,yang menyebabkan tigkat seseorang terdepresi. Neurotransmiter utama lainnya adalah gamma aminobutyric acid (GABA).
ORGANISASI SISTEM SARAF
Semua bagian sistem saraf yang saling berhubungan, sistem saraf dapt dibagi menjadi dua divisi utama :
a.       Sistem saraf pusat
Mencakup semua neuron diotak dan medula spinalis (sumsum tulang belakang)
b.      Sistem saraf tepi (perifer)
Terdiri dari saraf yang menghubungkan otak dan medula spinal dengan bagian tubuh lainnya, selanjutnya dibagi menjadi sistem somatik dan sistem otonomik.
-          Sistem somatik, yang mengirimkan informasi tentang stimuli eksternal dari kulit, otot, dan sendi kesistem saraf pusat. Semua otot yang kita gunakan dalam gerakan volunter (disadari),serta penyesuaian involunter (tidak disadari) dalam postur dan keseimbangan tubuh, dikendalikan oleh saraf tersebut.

-          Sistem otonomik, sistem yang berjalan menuju dan dari organ internal, sambil meregulasi proses tertentu. Sisteminijuga memiliki peranan yang penting dalam emosi.
Previous
Next Post »

Translate