FORMAT
PENGKAJIAN KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA
RUANGAN RAWAT ……………………… TANGGAL
DIRAWAT ………………..
I. IDENTITAS KLIEN
Inisial : Sdr. A
( L/P ) Tanggal
Pengkajian : -
Umur : 30
tahun RM
No. : -
Informasi : ............................................................................
II. ALASAN MASUK
Klien Saudara A, 30 tahun, anak ke 6 dari 8 bersaudara,
pernah beberapa kali masuk RSJ dengan alasan mengamuk, memecah kaca rumah
maupun tetangga, memukul orang-orang yang dilewatinya lalu lari-lari disekitar
rumah.
Penyebab klien mengamuk adalah sekitar ± 8 tahun yang lalu,
klien kuliah di UNAIR jurusan Manajemen Semester VI, pada waktu tiu rencana
membuat skripsi, sudah 3 kali mengajukan judul ditolak oleh dosennya karena
masih belum sesuai. Pada waktu menncari bahan dan bacaan di Jakarta, di kampusnya ada ujian, sehingga
tidak sempat ikut padahal dosen pengajarnya mengusulkan boleh ikut ujian
susulan bagi yang tidak dapat ikut pada waktu hari ujian tersebut.
Menurut tenab-teman satu kostnya, semenjak pulang dari
Jakarta, klien tidak mau keluar-keluar dari kamar sampai beberapa hari padahal
menurut ibu kosnya klien paling rajin sholat, mandi, cuci baju dan
kegiatan-kegiatan lain yang ada hubungannya dengan kampus, klien merasa minder
dan tidak mau bicara dengan siapa-siapa, bila ditanya jawabannya
singkat-singkat, mengurung diri sehingga klien tampak kotor, rambut kusut, gigi
kotor dan kuning, kukunya panjang-panjang, hotam dan kotor, kulit banyak daki. Klien
mengatakan malas mandi dan mandi kalau perlu saja.
Setelah ± 2 tahun mengurung diri klien
sering mengamuk, karena merasa ada yang membisik menyuruh melakukan sesuatu
III. FAKTOR PREDISPOSISI
1. Pernah mengalami
gangguan jiwa dimasa lalu ? Ya
ü
Tidak
2. Pengalaman
sebelumnya Berhasil
ü Kurang berhasil Tidak berhasil
3. Riwayat Pelaku/Usia
Korban/Usia Saksi/Usia
Aniaya fisik
Aniaya seksual
Penolakan
Kekerasan dalam keluarga
Tindakan kriminal
Jelaskan No. 1, 2, 3 : ............................................................................
............................................................................
Masalah keperawatan : .............................................................................
.............................................................................
4. Adakah
anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa Ya ü Tidak
Hubungan keluarga Gejala Riwayat pengobatan / perawatan
.................................... ..................... ......................................................
.................................... ..................... ......................................................
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
5. Pengalaman
masa lalu yang tidak menyenangkan
............................................................................................................................
...........................................................................................................................
Masalah keperawatan : .....................................................................................
IV. FISIK
1. Tanda
vital : TD
: 120 / 80 N : 88 x / mmg S : 36o
C P : 20 x / mnt
2. Ukur
: TB : 167 cm BB : 64 kg
3. Keluhan
fisik : Ya ü Tidak
Jelaskan : .........................................................................................................
Masalah keperawatan : ..........................................................................................
V. PSIKOSOSIAL
1. Genogram
:
* Ó * Ø
Ó Ó £ Ó Ó £ £ £ Ó Ó Ó £
Ó Ó Ó Ó £ £ £ £
Keterangan :
Ó : Wanita
£ : Laki-laki
Ø * : Meninggal
: Garis keturunan
: KIlien
: Garis perkawinan
: Tinggal satu rumah
Jelaskan : ...............................................................................................
Masalah keperawatan :
..................................................................................
2. Konsep
diri :
a. Gambaran diri : Klien menyatakan bahwa ia menyukai semua
anggota tubuhnya .
b. Identitas : Klien menyatakan anak ke 6 dari 8 bersaudara
c. Peran : Sebagai anak yang dapat kuliah di PTN adalah suatu kebanggan,
setelah lulus diharapkan dapat segera bekerja
d. Ideal diri : Klien berharap bisa melanjutkan kuliah lagi
e. Harga diri : Klien merasa bahwa dirinya sebagai obyek
pembicaraan orang
Masalah keperawayan : Konsep
diri : Harga diri rendah
3. Hubungan
sosial :
a. Orang yang berarti : Orang yang berarti bagi klien adalah
bapaknya, karena selalu tahu keinginannya
b. Peran serta da;am kegiatan kelompok /
masyarakat :
Klien menyatakan pernah
mengikuti PKL disitu dia sebagai gitaris penghibur pada acara malam perpisahan
c. Hambatan dalam berhubungan dengan orang lain
:
Karena merasa ada yang
membicarakannya, maka klien sering mengamuk, dan lebih baikmengururg diri
Masalah
keperawayan : Isolasi diri : menarik diri
4. Spiritual
:
a. Nilai dan keyakinan :
Klien mengatakan ia
beragama Islam dan sholat
b. Kegiatan ibadah :
Klien sholat jira ada yang
menyuruh saja
Masalah
keperawayan : Intoleransi aktifitas
VI. STATUS MENTAL
1. Penampilan
Tidak rapi Penggunaan pakaian Cara berpakaian
tidak
sesuai seperti
biasanya
Jelaskan : Saat pengkajian
klien berpakaian rapi
Masalah keperawatan : -
2. Pembicaraan
Cepat Keras Gagap
Inkoheren
Apatis ü Lambat
Membisu Tidak
mampu
memulai
pembicaraan
Jelaskan : Bila ditanya
jawabannya singkat-singkat
Masalah keperawatan : Komunikasi
3. Aktivitas
motorik
Lesu Tegang ü
Gelisah Agitasi
Tik Grimasen
Tremor Kompulsif
Jelaskan : .....................................................................................................
Masalah keperawatan : Intoleransi aktifitas
4. Alam
perasaan
ü Sedih
Ketakutan Putus asa Agitasi Gembira
berlebihan
Jelaskan : ....................................................................................................
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
5. Afek
ü Datar Tumpul Labil Tidak
sesuai
Jelaskan : ...............................................................................................
Masalah
keperawatan :
.....................................................................................
6. Interaksi
selama wawancara
Bermusuhan
Tidak koperatif Mudah tersinggung
ü Kontak suara kurang Defensif Curiga
Jelaskan : Selama
wawancara klien selalu menunduk
Masalah keperawatan : Menarik diri
7. Persepsi
ü Pendengaran Penglihatan Perabaan
Pengecapan
Penghidu
Jelaskan : Klien mengatakan
ada yang membisik, melakukan sesuatu
Masalah
keperawatan : Perubahan sensori :
halusinasi dengar
8. Persepsi
Sirkumstansial Tangensial Kehilangan asosiasi
Hight of idea Blocking Pengulangan
pembicaraan
perseverasi
Jelaskan : ..............................................................................................
Masalah
keperawatan :
.....................................................................................
9. Isi
pikir
Obsesi Fobis Hipokondris
Dipersonalisasi Ide yang terkait Pikiran magis
Waham
Agama Somatik Kebesaran Curiga
Nihilistik Sisip pikir
Siap pikir Kontrol
pikirmpulsif
Jelaskan : ................................................................................................
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
10. Tingkat
kesadaran
Bingung Sodesi Stupor
Disorientasi
Waktu Tempat Orang
Jelaskan : Klien
sadar sekarang sedang berada dimana
Masalah
keperawatan :
.....................................................................................
11. Memori
ü Gangguan daya ingat jangka panjang Gangguan daya ingat
jangka pendek
Gangguan daya
ingat saat ini
Konfabulasi
Jelaskan : Tidak ada gangguan
Masalah keperawatan : .........................................
12. Tingkat
konsentrasi dan berhitung
Mudah beralih Tidak mampu Tidak mampu
Berkonsentrasi berhitung
sederhana
Jelaskan : Tidak ada masalah
Masalah keperawatan :
..................................................................................
13. Kemampuan
penilaian
Gangguan
ringan Gangguan
bermakna
Jelaskan : Tidak
ada masalah
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
VII. KEBUTUHAN PERSIAPAN PULANG
1. Makan
Bantuan
minimal
Bantuan total
2. BAB
/ BAK
Bantuan
minimal
Bantuan total
Jelaskan : ................................................................................................
Masalah keperawatan : .....................................................................................
3. Mandi
Bantuan
minimal
Bantuan total
4. Berpakaian
/ berhias
Bantuan
minimal Bantuan total
Jelaskan : ..............................................................................................
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
5. Istirahat
Tidur
siang lama : .............................. s/d
..........................
Tidur
malam lama : .............................. s/d ..........................
Kegiatan sebelm /
sesudah tidur ......................................................
6. Penggunaan
obat
Bantuan
minimal
Bantuan total
7. Pemeliharaan
kesehatan
Ya Tidak
Perawatan lanjutan
Sistem pendukung
8. Kegiatan
di dalam rumah
Ya Tidak
Mempersipakan
makanan
Menjaga kerapihan rumah
Mencuci pakaian
Pengaturan
keuangan
9. Kegiatan
di luar rumah
Ya Tidak
Belanja
Transportasi
Lain-lain
Jelaskan : .................................................................................................
Masalah keperawatan :
.....................................................................................
VIII. MEKANISME
KOPING
Adaktif Maladatif
Bicara dengan orang lain Minum alkohol
Mampu menyelesaikan masalah Reaksi lambat / berlebih
Teknik relokasi Bekerja berlebihan
Aktifitas konstruktif Menghindar
Olah raga Mencederai diri
Lainnya Lainnya
Masalah keperawatan :
...........................................................................................
...................................................................................................................................
IX. MASALAH
PSIKOSOSIAL DAN LINGKUNGAN
Masalah dengan dukungan kelompok,
spesifik
..........................................
........................................................................................................................
Masalah berhubungan dengan lingkungan,
spesifik .....................................
........................................................................................................................
Masalah dengan pendidikan, spesifik ........................................................
........................................................................................................................
Masalah dengan pekerjaan, spesifik ..........................................................
......................................................................................................................
Masalah dengan perumahan, spesifik
......................................................
......................................................................................................................
Masalah ekonomi, spesifik
........................................................................
......................................................................................................................
Masalah dengan pelayanan kesehatan,
spesifik
.....................................
.....................................................................................................................
Masalah lainnya, spesifik
.........................................................................
.....................................................................................................................
Masalah keperawatan : ........................................................................................
...............................................................................................................................
X. PENGETAHUAN
KURANG TENANG
ü Penyakit jiwa Sistem pendukung
ü Faktor presipitasi Pemyakit fisik
ü Koping Obat-obatan
ü Lainnya
Masalah keperawatan : Kurang
pengetahuan tentang penyakit jiwa faktor presipital, koping
XI. ASPEK MEDIK
Masalah keperawatan : ..................................................................................
.............................................................................................................................
Terapi medik : .....................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
XII. DAFTAR
MASALAH KEPERAWATAN
1. Kekerasan,
resiko tinggi
2. Perubahan
sensori : halusinasi dengar
3. Koping
individu tak efektif
4. Konsep
diri : HDR
5. Intoleransi
aktifitas
6. Defisit
perawatan diri
7. Isolasi
sosial : menarik diri
XIII. DAFTAR
DIAGNOSIS KEPERAWATAN
1. Resiko
tinggi melakukan kekerasan berhubungan dengan koping individu tak efektif
2. Koping
individu tak efektif berhubungan dengan harga diri rendah
3. Isolasi
sosial : menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah
4. Defisit
perawatan diri berhubungan dengan intoleransi aktifitas
5. Intoleransi
aktifitas berh7ubungan dengan konsep diri : harga diri rendah
ANALISA DATA
No.
|
DATA ( Subyektif dan
Obyektif )
|
Masalah Keperawatan
|
TTD
|
-
|
Data Subyektif
Klien mengatakan
- Mendengar suara membisik,
menyuruh
melakukan sesuatu
- Memecah kaca kalau sedang kesal
- Memukul orang-orang yang
dilewatinya
karena merasa dihina
Data Obyektif
- Beberapa kali masuk RSJ dengan
alasan amuk
|
Resiko tingi melakukan kekerasan berhubungan dengan koping individu tak
efektif
|
|
POHON MASALAH
Kekerasan, resiko tinggi Perubahan
sensori : halusinasi dengar
Koping individu Defisit perawatan diri
Isolasi sosial : menarik diri
Intoleransi
aktifitas
Konsep diri : HDR
Rencana Tindakan Keperawatan
Diagnosa :
1) Resiko tinggi melakukan kekerasan
berhubungan dengan koping individu tak efektif
Data Subyektif :
Klien
mengatakan :
- Mendengar suara membisik menyuruh
melakukan sesuatu
- Memeca kaca kalau sedang kesal
- Memukul orang-orang yang dilewatinay
karena merasa dihina
7
Data Obyektif :
- Beberapa kali masuk RSJ dengan alasan
amuk.
Tujuan
Umum :
Klien
tidak melakukan kekerasan
Tujuan
Khusus :
1) Klien dapat membina hubungan saling
percaya
Tindakan keperawatan :
a) Bina
hubungan saling percaya
- Sapa klein : ucapan salam
- Terima
klien apa adanya
R : Hubungan saling mempercayai
merupakan dasar untuk kelancaran hubungan, interaksi selanjutnya.
2) Klien mampu mengenali perasaan marahnya
Tindakan keperawatan :
a) Bantu
klien untuk identifikasi tanda-tanda marah
- Perubahan emosi : jengkel, dendam
- Perubahan
sosial : menolak, kasar
- Perubahan
spiritual : lupa sholat
b) Gunakan
pertanyaan terbuka
c) Bantu
klien untuk identifikasi perasaannya saat marah ( rasa tidak nyaman, jengkel,
sakit hati, ingin mengamuk )
d) Tanyakan
pendapat klien tentang perasaan marahnya
e) Katakan
pada klien bahwa maeah itu normal dirasakan oleh tiap manusia
3) Klien mampu menilai efek perilaku agresif
terhadap diri sendiri dan orang lain
Tindakan keperawatan :
a) Bantu
klien identifikasi situasi atau hal yang menyebabkan rasa marahnya timbul.
b) Bantu
klien untuk mengungkapkan respons / perilakunya pada situasi yang menyebabkan
marah ( bermain peran )
c) Tanyakan
pendapat klien tentang efek perilaku agresif terhadap diri sendiri dan orang
lain
d) Berikan
reinforcement positif terhadap pendapat klien yang benar
e) Beri
penjelasan lebih lanjut pada klien tentang efek perilaku agresif tehadap diri
sendiri dan orang lain.
f) Lakukan
evaluasi dengan cara menanyakan kembali pada klien tentang efek perilaku
agresif terhadap diri sendiri dan orang lain.
4) Klien dapat menyebutkan cara menyalurkan
rasa marah yang sehat
Tindakan keperawatan :
a) Cari
pendapat klien tentang cara untuk menyalurkan energi marah dengan cara yang
sehat ( tidak merusak dan mengganggu lingkungan, tidak menyebabkan cedera pada
diri sendiri ataupun orang lain ).
b) Beri
reinforcement positif terhadap pendapat klien yang benar
- Intelektual : menyatakan dengan kalimat
yang baik sehingga lawan bicara dapat menerima.
- Emosional
: menyatakan kemarahan dengan tidak menyakiti orang lain
- Fisik
: lari pagi, angkat besi, membersihkan rumah, jalan-jalan di taman dll.
- Sosial
: bermain peran, latihan asertif, identifikasi orang-orang yang dipercaya untuk
mengungkapkan perasaan dan memperoleh rasa aman
- Spiritual
: berdoa, mengikuti kegiatan keagamaan
IMPLEMENTASI DAN
EVALUASI
Nama : ...................................... Ruang :................................... RM No. :
..................
TGL / PUKUL
|
No. DX / TUK
|
IMPLEMENTASI
|
EVALUASI
|
TTD
|
|
|
|
|
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon