Salam Sehat dan Harmonis

-----

TAK STIMULASI PERSEPSI : MENDENGARKAN MUSIK


SESSI I
TAK STIMULASI PERSEPSI : MENDENGARKAN MUSIK

  1. Tujuan
  1. Klien dapat menyebutkan apa yang didengar
  2. Klien dapat memberikan pendapat terhadap musik yang ia dengar
  3. Klien dapat memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain
  1. Setting
Peserta TAK dan terapis duduk bersama setengah lingkaran
  1. Alat
  1. Tape Recorder
  2. Cassete Video
  3. Buku catatan dan pulpen
  4. Jadwal kegiatan klien
  1. Metodhe
  1. Dinamika Kelompok
  2. Diskusi dan Tanya Jawab
  1. Langkah – Langkah kegiatan
1. Persiapan
    • Memilih klien sesuai dengan indikasi
    • Membuat kontrak dengan klien
    • Menyiapkan alat dan tempat pertemuan
2. Orientasi
a. Salam Terapeutik
·         Salam Terapis
·         Perkenalan nama dengan panggilan terapis ( pakai name tag)
·         Menanyakan nama dan panggilan semua klien (beri name tag)
b. Evaluasi
·         Menanyakan perasaan klien saat ini
·         Menanyakan masalah yang dihadapi
c. Kontrak
·         Menjelaskan tujuan kegiatan
·         Menjelaskan aturan main yaitu :
ü   Membaca majalah / Koran selama 10 menit
ü  Setiap klien memberikan pendapat tentang bacaan yang telah dibaca
ü  Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir
ü  Bila ingin keluar kelompok klien harus ijin pemimpin TAK
ü  Lama kegiatan 45 menit
3. Tahap Kerja
a.       Terapis membagikan nama tag untuk masing – masing peserta
b.      Terapis meminta masing-masing peserta menuliskan nama-nama panggilan dimasing-masing name tag yang dibagikan
c.       Terapis meminta masing-masing peserta menuliskan nama panggilan dimasing-masing nama tag yang dibagikan
d.      Terapis meminta masing-masing peserta memperkenalkan diri secara berurutan searah jarum jam dimulai dari terapis, meliputi menyebutkan nama diri, nama panggilan, dan alamat
e.       Terapis menjelaskan langkah berikutnya : tape recorder akan dinyalakan, saat musik terdengar bola tenis dipindahkan dari satu peserta ke peserta yang lain. Saat musik dihentikan, peserta yang sedang memegang bola tenis menyebutkan nama, nama panggilan, dan alamat dari semua peserta yang lain
f.        Terapis memberikan  pujian atas setiap keberhasilan peserta dengan mengajak bertepuk tangan
4. Tahap Terminasi
a. Evaluasi
·         Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
·         Memberikan reinforcement positif terhadap perilaku kelompok yang positif
b. Tindak lanjut
·         Menganjurkan pada klien untuk melatih kemampuan mempersepsikan musik tertentu dan mendiskusikan pada orang lain
·         Membuat jadwal mendengarkan musik
c. Kontrak yang akan datang
·         Menyepakati topik, waktu dan tempat yang akan datang
  1. Evaluasi dan Dokumentasi
a. Format Evaluasi
No
Nama Klien
Memberi pendapat terhadap musik
Memberikan tanggapan terhadap pendapat klien lain
Mengikuti kegiatan sampai selesai
1




2




3




4




b. Dokumentasikan kegiatan TAK pada proses keperawatan tiap klien
SESSI II
TAK STIMULASI PERSEPSI : MEMBACA KORAN / MAJALAH

A. Tujuan
  1. Klien dapat menyebutkan kembali isi bacaan
  2. Klien dapat memberikan pendapat terhadap isi bacaan
  3. Klien dapat memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain
B. Setting
Peserta TAK dan terapis duduk bersama setengah lingkaran
C. Alat
  1. Koran / Majalah
  2. Buku catatan dan pulpen
  1. Jadwal kegiatan klien
D. Metodhe
  1. Dinamika Kelompok
  2. Diskusi dan Tanya Jawab
E.Langkah – Langkah kegiatan
1. Persiapan
    • Memilih klien sesuai dengan indikasi
    • Membuat kontrak dengan klien
    • Menyiapkan alat dan tempat pertemuan
2. Orientasi
a. Salam Terapeutik
·         Salam Terapis
·         Perkenalan nama dengan panggilan terapis ( pakai name tag)
·         Menanyakan nama dan panggilan semua klien (beri name tag)
b. Evaluasi
·         Menanyakan perasaan klien saat ini
·         Menanyakan masalah yang dirasakan klien
·         Mernayakan penerapan TAK yang lalu
c. Kontrak
·         Menjelaskan tujuan kegiatan
·         Menjelaskan aturan main yaitu :
ü   Membaca majalah / Koran selama 10 menit
ü  Setiap klien memberikan pendapat tentang bacaan yang telah dibaca
ü  Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir
ü  Bila ingin keluar kelompok klien harus ijin pemimpin TAK
ü  Lama kegiatan 45 menit
3. Tahap Kerja
a. Tentukan bacaan yang akan dibaca
b. Beri kesempatan bagi klien untuk membaca majalah / koran selama 10 menit dan setelah itu buku ditutup
c. Tanyakan pendapat pada seorang klien mengenai isi majalah / Koran
d. Tanyakan pendapat klien lain terhadap pendapat klien sebelumnya
e. Berikan  pujian atas kemampuan klien memberikan pendapat
f. Ulangi c, d, e sampai semua klien mendapatkan kesempatan
g. Berikan kesimpulan tentang isi bacaan
4. Tahap Terminasi
a. Evaluasi
·         Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
·         Memberikan reinforcement positif terhadap perilaku kelompok yang positif
b. Tindak lanjut
·         Menganjurkan pada klien untuk melatih kemampuan melatih kemampuandan mendiskusikan pada orang lain
·         Membuat jadwal membaca
c. Kontrak yang akan dating
·         Menyepakati topik, waktu dan tempat yang akan datang
·         Evaluasi dan Dokumentasi
a. Format Evaluasi
No
Nama Klien
Memberi pendapat terhadap bacaan
Memberikan tanggapan terhadap pendapat klien lain
Mengikuti kegiatan sampai selesai
1




2




3




4




b. Dokumentasikan kegiatan TAK pada proses keperawatan tiap klien


TERAPI AKTIFITAS KELOMPOK
SESSI I : MENDENGARKAN MUSIK
SESSI II : MEMBACA KORAN / MAJALAH





  


OLEH :
1.      DEFI ADRIYANTO
2.      ELLY NUFRIYANTI
3.      HARDITYO FAJARSIWI
4.      STI JUWARIYAH
5.      NAILIL BAROROH
6.      KHAMARI
7.      IMANIAH
8.      TITIN MIHARTI
9.      TRISNA
10.  RIA SUSANA
11.  AGUS WIBISONO

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN MALANG
JURUSAN KEPERAWATAN
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN MALANG
TAHUN 2005

Previous
Next Post »

Translate