Puji dan rasa syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH
SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas
laporan Praktek Keperawatan Komunitas di Puskesmas Tanah Kalikendinding
Surabaya dengan sebaik-baiknya. Laporan ini merupakan salah satu syarat dalam
mencapai kompetensi Program Ners pada Pendidikan S1 Keperawatan Program B
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Berkenaan dengan ini, penyusun
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. dr.
H. Sukadiono, MM, selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Surabaya yang telah memberi kesempatan dan fasilitas kepada kami
untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan Program S1 Keperawatan.
2. Bapak
Abdul Aziz Alimul Hidayatt, SKep. Ns, seselaku Ketua Program Studi Ilmu
Keperawatan yang telah memberikan kesempatan dan dorongan kepada kami untuk
menyelesaikan Program Studi S1 Keperawatan.
3. dr.
Basilius Agung Suyono, selaku Kepala Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya
yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada kami dalam melakukan
Praktek Keperawatan Komunitas di Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya.
4. Ibu
Ida Hotmawati, selaku Pembimbing Klinik di Puskesmas Tanah Kalikedinding
Surabaya.
5. Seluruh
staf Puskesmas Tanah Kalikedinding yang telah membantu kelancaran kami
dalam melaksanakan Praktek Keperawatan Komunitas.
6. Ibu
Reliana, Skep. Ns, selaku Koordinator Praktek Profesi Keperawatan Komunitas
yang banyak membimbing dan membantu memecahkan kesulitan-kesulitan yang ada
selama praktek berlangsung
6. Ibu
Anis R, Skep. Ns dan Bapak Sugeng, Skep. Ns, selaku Pembimbing Pendidikan
yang telah memberikan pengarahan selama pelaksanaan Praktek Keperawatan
Komunitas dan proses pembuatan laporan.
7. Teman-teman
program B1 S1 Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya atas
partisipasi dan dukungannya selama pelaksanaan Praktek Keperawatan Komunitas
dalam suka dan duka bersama.
Penulis menyadari bahwa
laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis sangat
mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan hasil laporan
ini dan lebih lanjut, semoga laporan ini dapat dijadikan data dasar atau acuan
untuk memperbaiki pelayanan keperawatan di Puskesmas Tanah Kalikedinding
Surabaya. Semoga laporan ini ada guna dan manfaatnya.
Surabaya, Juni 2008
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Lembar Pengesahan ......................................................................................... iii
Kata Pengantar................................................................................................. v
Daftar Isi .......................................................................................................... vii
Bab I
Pendahuluan ........................................................................................ 1
I.1. Latar Belakang .............................................................................. 1
I.2. Tujuan ............................................................................................ 2
I.3. Manfaat ........................................................................................ 2
Bab II
Pengkajian ........................................................................................... 3
II.1. Identitas
Puskesmas ..................................................................... 3
II.2. Sejarah berdirinya Puskesmas ...................................................... 3
II.3. Misi, Visi dan Motto Puskesmas ................................................. 3
II.4. Tujuan Puskesmas ....................................................................... 4
II.5. Fungsi Puskesmas ....................................................................... 4
II.6. Struktur Organisasi Puskesmas Tanah
Kalikedinding................. 5
II.7. Pengumpulan Data ...................................................................... 6
II.8. Pengkajian M1 - M5 ................................................................... 10
Bab III Analisa SWOT .................................................................................... 17
Bab IV..............................................................................................................
Perencanaan 19
Bab V
Kesimpulan dan Saran......................................................................... 20
V.1. Kesimpulan .................................................................................. 20
V.2. Saran............................................................................................ 20
Daftar Pustaka ................................................................................................. 22
Lampiran
1. Surat Ijin Survey
2. Satuan Acara Penyuluhan DHF
3. Satuan Acara Penyuluhan Diare
BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar
belakang
Tujuan pendidikan tahap profesi
adalah mempersiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional dalam bentuk
pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komprehensif, sehingga memiliki
kemampuan profesional yang salah satunya adalah menerapkan konsep, tepri dan
prinsip ilmu perilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik, dan ilmu keperawatan dalam
melaksanakan asuhan keperawatan kepada masyarakat terutama mengkoordinasikan
sumber-sumber yang di komunitas untuk meningkatkan kesehatan komunitas yaitu
puskesmas
Puskesmas
merupakan pusat pengembangan, pembinaan dan pelayanan kesehatan masyarakat
sekaligus merupakan pos terdepan dalam pembangunan kesehatan masyarakat untuk
maksud tersebut, puskesmas berfungsi melaksanakan tugas teknis dan administrative
Pusat kesehatan
masyarakat berfungsi sebagai penggerak sumber daya masyarakat dalam bidang
kesehatan, motor pembangunan berwawasan kesehatan dan pelayanan kesehatan
strata pertama. Selama ini yang banyak berkembang
adalah puskesmas merupakan pelayanan kesehatan masyarakat strata pertama
sehingga fungsi yang lain seolah tertinggal. Oleh karena itu untuk tahun 2008
puskesmas Tanah Kalikedinding berusaha agar fungsi puskesmas berjalan seimbang
harmonis dan selaras.
Puskesmas Tanah Kalikedinding
berdiri pada tanggal 3 April 1972, merupakan unit pelaksana teknis pada Dinas
Kesehatan Kota Surabaya. Wilayah kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding meliputi
satu kelurahan yakni Kelurahan Tanah
Kalikedinding . Puskesmas Tanah Kalikedinding memiliki tenaga Dokter Umum,
Dokter Gigi, Perawat Umum, Perawat Gigi, Bidan Sanitarian, Apoteker, Assisten
Apoteker, Analis Laboratorium. Maupun tenaga strategis yang berkompeten dan
siap melayani masyarakat, Puskesmas juga memiliki Puskesmas Pembantu yang
berada di jalan Tanah Merah yang juga siap melayani masyarakat yang
membutuhkan.
I.2. Tujuan
2.1. Tujuan Umum
Memperlihatkan
gambaran pelaksanaan atau implementasi proses keperawatan komunitas yang
bermutu, efektif dan efisien, dan diharapkan mahasiswa mampu berperan sebagai
koordinator layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat edukator bagi sasaran
pelayanan dengan menggunakan media dan
sasaran yang tepat, edukator yang membela kepentingan masyarakat sesuai
kebutuhannya, dan pemberi layanan keperawatan.
2.2. Tujuan Khusus
a. Menerapkan strategi pengorganisasian
komunitas
b. Menerapkan
strategi yang tepat untuk mengkaji kesehatan komunitas
c. Merumuskan diagnosa keperawatan komunitas
yang spesifik berdasarkan epidemiologi
d. Menerapkan pendidikan kesehatan yang spesifik
dan strategi organisasi komunitas dalam mengadakan perubahan serta peningkatan
kesehatan komunitas.
I.3. Manfaat .
Pada praktek keperawatan
puskesmas di Puskesmas Tanah Kalikedinding yang dilaksanakan dari tanggal 26 - 31 Mei 2008
dengan tahapan yang dicapai adalah mengidentifikasi P2M (DBD), KIA (Imunisasi).
Diharapkan kami mampu mengidentifikasi program puskesmas tersebut dalam hal
target dan sasaran, strategi, kegiatan, peran serta masyarakat, lintas program
dan lintas sektoral, melihat faktor pendukung dan penghambat, dan
mengidentifikasi kesenjangan antara program yang dilaksanakan dengan program
kesehatan nasional dan strategi intervensinya.
BAB II
PENGKAJIAN
II.1. Identitas Puskesmas
Nama
Puskesmas : Puskesmas Tanah Kalikedinding
Alamat Lengkap : Jl. Kedung
Cowek 226 Surabaya
60192
Nomor telepon : 031-
3815347
Tahun berdiri : 1972
Tipe Puskesmas : Puskesmas
Perawatan Persalinan
II.2. Sejarah
berdirinya Puskesmas
Puskesmas Tanah Kalikedinding
berdiri pada tanggal 3 April 1972, merupakan unit pelaksana teknis pada Dinas
Kesehatan Kota Surabaya. Wilayah kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding meliputi
satu kelurahan yakni Kelurahan Tanah
Kalikedinding . Puskesmas Tanah Kalikedinding memiliki tenaga Dokter Umum, Dokter
Gigi, Perawat Umum, Perawat Gigi, Bidan Sanitarian, Apoteker, Assisten
Apoteker, Analis Laboratorium. Maupun tenaga strategis yang berkompeten dan
siap melayani masyarakat, Puskesmas juga memiliki Puskesmas Pembantu yang
berada di jalan Tanah Merah yang juga siap melayani masyarakat yang
membutuhkan.
II.3. Visi,
Misi dan Motto Puskesmas
Visi :
Menjadi pusat pengembangan dan pembinaan peran serta masyarakat serta
memberikan pelayanan secara menyeluruh
dan terpadu kepada seluruh masyarakat menuju Indonesia Sehat 2010
Misi :
Melaksanakan upaya
kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, serta melaksanakan
pelaynan kesehatan yang professional dan optimal.
Motto :
Kesehatanmu adalah tujuanku
Kepuasanmu adalah semangatku
Profesionalisme adalah layananku
II.4. Tujuan
Puskesmas
Puskesmas merupakan
pusat pengembangan, pembinaan dan pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus
merupakan pos terdepan dalam pembangunan kesehatan masyarakat untuk maksud
tersebut, puskesmas berfungsi melaksanakan tugas teknis dan administrative.
II.5. Fungsi
Puskesmas
1. Pusat pembangunan kesehatan
msyarakat di wilayahnya.
2. Membina
peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan
untuk hidup sehat.
3. Memberikan
pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah
kerjanya.
II.6 STRUKTUR OPERASIONAL PUSKESMAS
TANAH KALIKEDINDING
|
|||||||||||
|
|
|
|||||||||
II.7. Pengumpulan Data
A. Data
Umum
2. Data Wilayah :
Luas
wilayah : 2.41 Km2 terdiri dari 1
kelurahan yaitu Kelurahan Tanah Kalikendinding
Batas
wilayah kerja :
Utara : Kelurahan Kedung Cowek
Timur : Kelurahan Bulak
Selatan : Kelurahan Bulak
Barat : Kelurahan SidotopoWetan, Kelurahan Bulak
Banteng
3. Data Kependudukan
a. Jumlah penduduk : 40.088 jiwa
Laki-laki : 19.861
Perempuan : 20.227
b. Jumlah KK : 10.022 KK
c. Jumlah keluarga miskin : 1.972 KK
d. Piramida penduduk
Laki-laki
|
Gol. Umur
|
Perempuan
|
104
|
> 64
|
500
|
681
|
60 - 64
|
807
|
784
|
55 - 59
|
1.057
|
1.694
|
50 - 54
|
1.183
|
2.116
|
45 - 49
|
1.218
|
2.203
|
40 - 44
|
1.443
|
2.119
|
35 - 39
|
1.645
|
1.839
|
30 - 34
|
1.631
|
1.648
|
25 - 29
|
1.792
|
1.400
|
20 - 24
|
1.839
|
1.343
|
15 - 19
|
2.036
|
1.247
|
10 - 14
|
2.120
|
1.133
|
5 - 9
|
1.138
|
1.347
|
1 - 4
|
1.372
|
205
|
0 - 1
|
449
|
4. Sarana
pendidikan
a. TK : 25 buah
b. SD / MI : 12
/ 2 buah
c. SMP / MTs : 4
/ 0 buah
d. SLTA / MA
: 3 / 0 buah
e. Ponpes : 1
buah
5. Data
status ekonomi
a. Pegawai
Negeri Sipil : 2.256
b. ABRI / POLRI : 356
c. Wiraswasta
/ pedagang : 3.425
d. Buruh : 11.256
e. Nelayan : 423
f. Petani
: 265
g. Tidak
ada : 3.321
B. Data
Khusus
1. Sarana Pelayanan Kesehatan PKM
a. Jumlah kematian ibu : 0 orang
b. Jumlah kematian perinatal : 0 bayi
c. Jumlah kematian neonatal : 0 bayi
d. Jumlah lahir mati : 0 bayi
e. Jumlah lahir hidup :
656 bayi
f. Jumlah kematian bayi : 2 bayi
g. Jumlah kematian balita : 7 balita
h. Jumlah kematian semua umur : 209 orang
2. Ketenagaan ( SDM )
1. Dokter : 4 orang
2 Dokter
gigi : 2 orang
3. SKM : 0 orang
4. Bidan : 8 orang
5. Perawat : 8 orang
6. Perawat
gigi : 1 orang
7. Sanitarian : 1 orang
8. Petugas
Gizi : 0 orang
9. Asisten
Apoteker : 1 orang
10. Analis
Laboratorium : 2 orang
11. Juru
imunisasi/ juru malaria : 1 orang
12
Tenaga Administrasi :
4 orang
13. Sopir
/ Penjaga : 3 orang
14. Lain-lain
( apoteker, rekam medik pembantu bidan) : 3
orang
C. Sarana
Kesehatan
1. Rumah Sakit Umum : 0
buah
2.
Rumah Bersalin : 0
buah
3.
Puskesmas Pembantu : 1 buah
4.
Polindes/..... : 0 buah
5.
Poliklinik Swasta : 1
buah
6.
Dokter Praktek swasta : 9 buah
7.
Bidan Praktek Swata : 7 buah
8.
Laboratorium : 0
buah
9.
Apotik : 0 buah
10.
Rumah sakit bersalin : 0 buah
11. PBDS (Praktek bersama DR
spesialis): 0 buah
C. Peran
Serta Masyarakat
1 .
Jumlah Dukun Bayi : 2 orang
2. Jumlah Kader Kesehatan : 205
orang
3. Jumlah Kader Tiwisada : 168
siswa
4. Jumlah Guru UKS :
14 guru
5. Jumlah Kader Saka Bhakti Husada : 0
orang
6. Jumlah Santri Husada : 5
orang
7. Jumlah Kader Usila :
10 orang
8. Jumlah Kelompok Usila : 2 kelompok
9. Jumlah Pengobat Tradisional : 0 orang
10. Jumlah Posyandu :
39 orang
- Posyandu Pratama : 2
buah
- Posyandu
Madya : 31 buah
- Posynadu
Purnama : 6 buah
11. Jumlah Panti Asuhan : 0
buah
12.
Jumlah Panti Wreda : 0 buah
13.
Jumlah Posyandu Lansia :
2 buah
14. Jumlah POD :
0 buah
15.
Jumlah UKBM :
41 buah
16.
Jumlah Pendonor Darah Terdaftar : 0 buah
D. Peralatan
Operasional
1. Sarana
Transportasi roda 2 / roda 4 : 4 / 1 buah
2. Meubelair
- Pasien : 10 buah / set
- Kantor : 20 buah / set
3. KIE
/ penyuluhan : 1 set
4. Alat
fogging : 1 buah
5. Alat
pengatur kepadatan lalat : 1 buah
6. Alat pemeriksa
lembab : 0 buah
7. Tempat tidur
pasien lengakp dg kasur : 8 buah
E. Sepuluh
penyakit terbanyak di Puskesmas Tanah Kalikedinding
1. ISPA : 7292
2. Hipertensi : 2147
3. Penyakit gusi dan jaringan : 2229
4. Diare : 1581
5. Myalgia : 1440
6. Diabetus Melitus : 956
7. Penyakit dentofasial : 914
8. Tonsilitis : 461
9. Penyakit Kulit Alergi : 503
10. Kulit infeksi : 509
II.8. Pengkajian
M1-M5
A. MAN (M1)
No
|
Bagian
|
Nama
|
Pendidikan
|
Status
|
1
|
Kepala
puskesmas
|
Dr. Basilius
Agung
|
SI
|
PNS
|
2
|
Dokter gigi
|
Drg. Isti utami
|
SI
|
PNS
|
3
|
Bidan
|
Lapolo Agustina
|
Bidan
|
PNS
|
4
|
Perawat gigi
penyelia
|
Ni luh Parnita
|
SPRG
|
PNS
|
5
|
Asisten
apoteker penyelia
|
Siti nunuk P
|
SAA
|
PNS
|
6
|
|
Suwarni
|
SMA
|
PNS
|
7
|
|
Prawiyati
|
PEMPAR
|
PNS
|
8
|
Pranata Lab
|
Sutarso
|
STM
|
PNS
|
9
|
Bidan pelaksana
Lanjutan
|
Diah sabrang P
|
P2B
|
PNS
|
10
|
Perawat
pelaksana
|
Ida Hotmawati
|
SPK
|
PNS
|
11
|
Bidan pelaksana
lanjutan
|
Hermin Muninda
|
P2B
|
PNS
|
12
|
|
Bibiana Bunarti
|
SMEP
|
PNS
|
13
|
Bidan
Pelakasana lanjutan
|
Nunung Arabya
|
P2B
|
PNS
|
14
|
|
Ani
|
SD
|
PNS
|
15
|
Sanitarian
pelaksana
|
Willi Ahmad
A.
|
DIII
|
PNS
|
16
|
Perawat
pelaksana
|
Sri Nastiti U
|
D3
|
PNS
|
17
|
Bidan
pelakssana lanutan
|
Eni Hidayah
|
D3 Keb
|
PNS
|
18
|
Dokter gigi
pratama
|
Drg.Dian
Infladita
|
SI
|
PNS
|
19
|
Bidan pelaksana
lanjutan
|
Wiwin Diah S
|
D3
|
PNS
|
20
|
Bidan pelaksana
lanjutan
|
Viva Mei D
|
D3
|
PNS
|
21
|
Bidan pelaksana
lanutan
|
Pepy Dwi A
|
D3
|
PNS
|
22
|
|
Dr. Doni M.S
|
SI
|
Honda
|
23
|
|
Rosidi
|
SD
|
Honda
|
24
|
|
Kornelis B. C
|
SMA
|
Honda
|
25
|
|
Dr.Etty H.K
|
Si
|
Kontrak
|
26
|
|
Novi Arianti
|
SPK
|
Kontrak
|
27
|
|
Novi K . S
|
D3
|
Kontrak
|
28
|
|
Silvitri E. H
|
D3
|
Kontrak
|
29
|
|
Didik W
|
SI
|
Kontrak
|
30
|
|
Muhindayati
|
D3
|
Kontrak
|
31
|
|
Desak Made
|
D3
|
Kontrak
|
32
|
|
Kusnawati
|
SMP
|
Sukwan
|
33
|
|
Marwan
|
SR
|
sukwan
|
B. M2 ( SARANA DAN PRASARANA)
Puskesmas Tanah Kalikedinding
Puskesmas Perkotaan merupakan unit pelayanan kesahatan yang melayani :
1. Balai Pengobatan Umum
2. Balai
Pengobatan gigi
3. Tata
Usaha
4. Loket
5. Balai
Kesehatan Ibu dan Anak
6. Balai
Pelayanan KB
7. Kamar
Obat
8. Laboratorium
9. Ruang
Persalinan
10. Ruang
Rawat Inap
11. Balai
Gizi
12. Puskesmas
Pembantu Tanah Kalikedinding
Kekuatan
dasar hukum yang dimiliki puskesmas didukung sarana dan prasarana di Puskesmas
Tanah Kalikedinding sudah cukup memadai, tinggal mengupayakan managemen
pengelolaan sarana dan prasarana yang ada guna memberikan pelayanan kesahatan
yang optimal pada masyarakat.Dan saat ini Puskesmas Tanah Kalikedinding dalam
persiapan dan penataan menghadapi ISO 2010 guna mendapatkan pengakuan legal
dari pemerintah atas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
C. M3 ( METODE)
1. Program promosi kesehatan yang saat ini
dijalankan puskesmas:
a Pengkajian dan intervensi PHBS pada rumah
tangga dan institusi.
b. Penyuluhan Kesehatan.
Program promosi kesehatan yang tidak dijalankan Puskesmas:
Semua program promosi kesehatan dikerjakan oleh petugas, namun
tidak semua target tercapai antara lain PHBS (25,57 %), Posyandu Purnama yang
terbentuk (46,15%),tempat kerja yang melaksanakan PHBS (25%).
Kendala program promosi kesehatan :
Mayoritas penduduk wilayah Puskesmas Tanah Kalikedinding memiliki
status ekonomi menengah ke bawah dan kultur budaya masyarakat yang dominan juga
memegang peranan penting (50 % penduduk adalah suku Madura.
2. Pembinaan Kesehatan di Sekolah
Untuk
saat ini tidak ada program kunjungan di institusi sekolah baik TK maupun SD
dikarenakan terbatasnya petugas sehingga banyak beban kerja dan tanggung jawab
yang tidak sesuai dengan banyaknya cakupan siswa dalam satu wilayah
3. Upaya Perbaikan Gizi
Karena
kurangnya kesadaran masyarakat menggunakan garam beryodium serta pendidikan dan
sosial ekonomi yang rendah menyebabkan masih banyaknya masyarakat yang masih mengkonsumsi garam mentah, termasuk
wilayah pesisir dan kurang mengerti masalah gizi terutama pada balita. Peningkatan
mutu pelayanan dengan mengupayakan cakupan data untuk mendapatkan gambaran
tentang pola konsumsi pemberian kapsul iodium.
PENGOBATAN
Kunjungan rawat jalan rata-rata 65,7
dari total warga dalam cakupan pelayanan yang dilayani di balai pengobatan
dengan 2 dokter dan 3 paramedis,dengan berbagai kasus baik kasus gawat darurat
maupun kasus umum bahkan kasus menular pun dilayani di balai pengobatan.
Pemeriksaan laboratorium sederhana yang
dikerjakan di Puskesmas Tanah Kalikedinding masih belum maksimal karena dengan
banyaknya pasien yang diperiksa dengan 2 orang analis sehingga kurang maksimal
juga untuk hasilnya.
4.
Pelayanan KB serta Kesehatan Ibu dan
Anak
a. Kontrasepsi
Di Puskesmas Tanah Kalikedinding dari
empat jenis kontrasepsi yang tersebut diatas, metode suntik yang paling banyak
pesertanya, disusul pil KB, IUD dan yang terakhir adalah metode susuk.
b. Usia
kehamilan
No.
|
Usia
|
Frekuensi
|
|||
|
Kehamilan
|
Des 07
|
Jan 08
|
Feb 08
|
Maret 08
|
1
|
Trimester I
|
11
|
14
|
7
|
14
|
2
|
Trimester II
|
18
|
14
|
17
|
19
|
3
|
Trimester III
|
10
|
6
|
9
|
11
|
|
Jumlah
|
39
|
34
|
33
|
44
|
Dari data yang terdokumentasi pada bulan Desember 2007
sampai Maret 2008 pada usia kehamilan trimester II yang paling banyak
berkunjung ke Puskesmas. Terlihat
dari data tersebut diatas bahwa pengunjung Puskesmas selalu bartambah dari
bulan Desember 2007 sampai bulan Maret
2008.
c. Usia ibu hamil dengan resiko tinggi
No.
|
Resti Ibu Hamil
|
Frekuensi
|
|||
|
|
Des 07
|
Jan 08
|
Feb 08
|
Maret 08
|
1
|
Bumil dengan
Resti
|
-
|
2
|
4
|
2
|
2
|
Bumil dg Resti
ditangani
|
-
|
2
|
-
|
2
|
3
|
Bumil dg Resti dirujuk
|
-
|
2
|
4
|
1
|
|
Jumlah
|
-
|
6
|
8
|
5
|
Pada bulan
Februari 2008 diperoleh data bahwa terdapat 8 orang yang termasuk ibu hamil
resiko tinggi.
d. Penyakit
yang di derita ibu hamil
No.
|
Penyakit
Ibu
|
Frekuensi
|
|||
|
Hamil
|
Des 07
|
Jan 08
|
Feb 08
|
Maret 08
|
1
|
Hipotensi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Anemia
|
-
|
4
|
4
|
8
|
3
|
Bengkak
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Mual/Muntah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Varises
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Tak Ada Keluhan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
|
4
|
4
|
8
|
Anemia
merupakan penyakit yang banyak muncul di wilayah puskesmas ini. Terdapat total 16 orang menderita anemia
dari bulan Januari, Februari, dan Maret 2008.
e. Kejadian
gizi buruk pada anak dan balita
No.
|
Keterangan
|
Frekuensi
|
|||
|
|
Des 07
|
Jan 08
|
Feb 08
|
Maret 08
|
1
|
Kejadian gizi
buruk
|
19
|
19
|
19
|
19
|
Pada
wilayah puskesmas ini terdapat 19 kejadian gizi buruk. Data ini didapatkan pada
bulan Desember 2007 sampai bulan Maret 2008 dan data tersebut belum berkurang.
f. Pemberantasan penyakit
menular
Pelayanan
imunisasi di Puskesmas Kalikedinding meliputi : DPT=/HB COMBO, campak, polio 4,
DT pada murid SD/MI kelas I, TT pada murid SD/MI kelas II s/d III pencapaiannya
melebihi target kecuali polio 4.
Pengamatan
Epidemiologi Penyakit :
|
|
Frekwensi
|
|||||
No
|
Jenis
Penyakit
|
Des ’07
|
Jan ’08
|
Feb ’08
|
Mar ’08
|
Aprl’08
|
|
1
|
Batuk pilek
|
585
|
489
|
711
|
786
|
1094
|
|
2
|
TBC
|
10
|
16
|
48
|
13
|
54
|
|
3
|
DBD
|
2
|
3
|
11
|
3
|
11
|
|
4
|
DIARE
|
184
|
194
|
185
|
126
|
108
|
|
5
|
HIV/AIDS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
6
|
FLU BURUNG
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Peningkatan
Mutu Pelayanan
Berdasarkan
data yang ada tampak peningkatan yang cukup signifikan pada kasus ini, hal ini
besar kemungkinan disebabkan rendahnya pendidikan warga, status ekonomi warga
umumnya menengah ke bawah serta kurangnya kesadaran masyarakat tentang PHBS
serta lingkungan perumahan yang belum tertata rapi sanitasinya. Hal tersebut
memicu peningkatan epidemiologi penyakit menular.
Penanganan
Penyakit Tidak Menular :
|
|
Frekwensi
|
|||||
No
|
Jenis
Penyakit
|
Des ’07
|
Jan ’08
|
Feb ’08
|
Mar ’08
|
Aprl’08
|
|
1
|
Hipertensi
|
35
|
39
|
46
|
36
|
38
|
|
2
|
Tipoid
|
101
|
103
|
210
|
119
|
135
|
|
3
|
Rhemathoid
Arthritis
|
6
|
7
|
6
|
18
|
3
|
|
4
|
Asma
|
5
|
3
|
2
|
4
|
4
|
|
5
|
Lain – lain
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Penanganan pada
kasus hipertensi dan asma lebih pada pemberian rujukan ke rumah sakit yang
lebih besar mengingat keterbatasan fasilitas yang dimiliki puskesmas (fasilitas
rehabilitasi medis dan radiologi), sedangkan penanganan kasus rhemathoid
arthritis dan typhoid dapat ditangani di puskesmas tanah kalikedinding karena
sudah memiliki fasilitas laboratorium sebagai kontrol perkembangan penyakit
tersebut.
PROGRAM INOVATIF PUSKESMAS
1.
Upaya kesehatan anak usia
sekolah dan remaja
2.
Upaya kesehatan gigi dan mulut
3.
Pencegahan dan pemberantasan
penyakit
4.
Upaya perbaikan gizi
5.
Upaya kesehatan lingkungan
6.
Upaya pelayanan rawat inap di
puskesmas
7.
Laboratorium
8.
Upaya kesehatan usila
9.
Upaya kesehatan olah raga
10.
Pemberdayaan massyarakat dalam
kemandirian hidup sehat
11.
Pemeriksaan penunjang
12.
Upaya kesehatan kerja
13.
Upaya kesehatan jiwa/ mental
14.
Upaya kesehatan indera
15.
Upaya kesehatan matra
16.
Upaya peningkatan mutu tenaga
puskesmas
D. Money (M4)
Sumber keuangan Puskesmas diantaranya :
1. Dana
anggaran pendapatan dan belanja daerah
2. Dana
anggaran pendapatan dan belanja nasional
3. Dana
askeskin
4. Dana
bantuan lintas sektor maupun LSM
Penggunaan
sumber dana :
1. Pembayaran
gaji pegawai yang dikoordinir oleh dinas kesehatan
2. Pembayaran
jasa medis pelayanan masyarakat miskin
3. Perbaikan
dan pembangunan gedung
4. Pengadaan alat dan bahan habis
pakai, obat, dan alat kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota
5. Kegiatan masing-masing program
E. Market (M5)
Puskesmas
Kalikedinding merupakan puskesmas
pendidikan yang dipakai praktek mahasiswa kesehatan lingkungan, kesehatan
masyarakat, keperawatan, kebidanan dan kedokteran.
BAB III
ANALISA SWOT
Berdasarkan analisis data yang
telah dilaksanakan maka kami mencoba membuat analisis SWOT sebagai berikut :
(M1) MAN
Strength
|
Weakness
|
Opportunity
|
Treathened
|
►Jenis ketenagaan :
Dokter umum : 4
Dokter gigi : 2
Bidan : 4
Perawat : 8
Perawat gigi : 1
Sanitarian : 1
Asist Apoteker : 1
Analis Lab : 2
Tata Usaha : 4
Lain-lain : 4
► Kepala PKM mendukung
kegiatan
► Banyak kader kesehatan
yang sudah dibina
|
► Belum adanya petugas gizi
dan SKM
► Perawat belum optimal melakukan
pendokumentasian ASKEP ( ber peran ganda )
|
► Sebagai lahan mahasiswa praktek
di Puskesmas Kalikedinding
► Terbukanya kesempatan melakukan pendidikan
► Pelatihan diadakan oleh Dinkes
|
► Adanya tuntutan yang
semakin tinggi dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih
profesional
► Adanya klinik, dokter dan bidan yang praktek
di sekitar Puskesmas Kalikedinding
|
(M2)
SARANA dan PRASARANA
Strength
|
Weakness
|
Opportunity
|
Treathened
|
►
Adanya balai pengobatan: Umum,gigi,KIA,pely.KB,
►
Adanya ruang persalinan dan rawat inap
► Terletak di tempat yang strategis
|
► Terbatasnya alat dan bahan yang disediakan dinas
|
► Adanya 8 buah tempat
tidur pasien lengkap dengan kasur
► Usulan bahan habis pakai kepada dinas
|
►Banyaknya institusi pendidikan
|
(M3) METODE
Strength
|
Weakness
|
Opportunity
|
Treathened
|
► Adanya penyuluhan
kesehatan yang terprogram
► Adanya promosi kesehatan
►
Program UKS terjadwal
|
► Kurang optimalnya cakupan data
►
Cara menyuluh kurang menarik
►
Managemen pengelolaan sarana dan prasarana belum sempurna
►
Belum maksimalnya program promosi PHBS
|
► Adanya program
inofatif Puskesmas
► Program KIA dan Gizi belum optimal
► Keadaan sekitar masyarakat yang masih kumuh
|
► Banyaknya beban kerja yang belum
sesuai dengan jumlah personal
|
(M4) MONEY
Strength
|
Weakness
|
Opportunity
|
Treathened
|
► Sumber dana dari APBD dan APBN
|
► Dana APBD dan APBN baru sebagian yang
sudah diberikan
► Pendidikan dan ekonomi masyarakat yang
rendah
|
► Adanya proyek
Suramadu
|
► Banyak kawasan industri di sekitar
Puskesmas
|
Berdasarkan analisis SWOT tersebut, maka dapat di
identifikasi permasalahan sebagai berikut :
1. Jumlah petugas yang terbatas
2. Tidak adanya dana taktis
3. Cara menyuluh kurang menarik
4. Keadaan sekitar masyarakat yang kumuh
5. Jumlah institusi yang dibina masih belum
optimal
BAB IV
PERENCANAAN
Berdasarkan permasalahan yang didapatkan
di Puskesmas, sesuai dengan pengkajian yang sudah dilakukan Analisis SWOT, maka
dibuat rencana sebagai berikut :
Masalah
|
Rencana
|
Pelaksana
|
Waktu
|
Terbatasnya petugas
|
Pembuatan jadwal dan mekanisme
kerja antar personal sehingga lehih efektif
|
Kepala Puskesmas
|
Tahun 2008
|
|
Mengadakan kegiatan yang menyamankan lingkungan kerja, memberi pelatihan
dan hiburan kepada karyawan
|
|
|
Tidak ada dana taktis
|
Usulan untuk mengadakan dana taktis untuk program-progran yang masih
belum optimal
|
Kepala puskesmas
|
Agustus 2008
|
Kurang menariknya cara menyuluh
|
Usulan pelatihan untuk penyuluh dan buku metode pembinaan institusi serta
penambahan alat peraga
|
Kepala Puskesmas
|
Terus menerus
|
Keadaan sekitar masyarakat yang masih kumuh
|
Mengajak masyarakat dengan memberikan penyuluhan tentang hidup sehat
|
Seluruh pegawai PKM
|
Terus menerus
|
Jumlah institusi yang dibina belum optimal
|
Mengadakan pemeriksaan pada anak sekolah dan penyuluhan serta kunjungan
di Pos UKK yang dibina
|
.Program UKK, ARL
|
Terus menerus
|
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan
Dari hasil penyajian kelompok diatas
dapat disampaikan bahwa hal tersebut tidak terlepas dari perawatan kesehatan
masyarakat dengan tujuan umumnya adalah meningkatkan kemandirian masyarakat
dalam mengatasi masalah keperawatan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat
kesehatan yang optimal. Adapun
tujuan khususnya adalah masyarakat memahami pengertian sehat dan sakit,
meningkatny kemampuan individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat untuk
melaksanakan keperawatan dasar dalam rangka mengatasi masalah kesehatan, sudah
terlaksananya hampir semua program di Puskesmas Tanah Kalikedinding diharapkan
menjadikan Puskesmas sebagai pengembangan upaya pelayanan berdasarkan kebutuhan
masyarakat, hanya tinggal mempertahankan dan memperbaiki sistem lebih baik
lagi, dengan mengutamakan masyarakat dan keluarga khususnya dengan penekanan
pada pelayanan yang bersifat promotif, prefentif tanpa mengabaikan kuratif dan
rehabilitatif dan semua tenaga keperawatan Puskesmas mempunyai kesempatan yang sama
sebagai pelaku dan bertanggung jawab atas daerah binaan.
2. Saran
Beberapa
saran yang dapat kelompok sampaikan adalah sebagai berikut :
2.1. Pembuatan jadwal petugas dan mekanisme kerja
yang menarik, tidak membosankan dan tidak monoton sehingga tantangan kerja
dirasakan, hiburan kepada karyawan lebih diperlukan juga.
2.2. Perlunya upaya promotif yang menarik seperti
penyuluhan kesehatan olah raga teratur dan makanan bergizi secara terus menerus
tanpa bosan dengan menggunakan berbagai cara dan media yang dapat menarik minat
masyarakat, terutama daerah binaan Puskesmas Tanah Kalikedinding.
2.3. Perlunya kerjasama dengan sektor terkait
terutama lembaga Pemerintah, LSM dan swasta seperti industri di sekitar
Puskesmas dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan
DAFTAR PUSTAKA
Depkes RI, (1989), Pedoman Kerja
Puskesmas, Jilid I – VI, Jakarta
PSIK FK Unair, (2001), Pedoman Penyelenggaraan Program Keprofesian
Keperawatan Pada Program Pendidikan Ners, Surabaya
Effendy, Ch. (1995), Perawatan
Pasien DHF, EGC, Jakarta
Depkes RI, (1998), Perawatan
Kesehatan Masyarakat, Buku 1, Jakarta
Departemen
Kesehatan, (1988), Bercakap Dengan Ibu-Ibu-Petunjuk Bagi Kader Dalam Rangka
Promosi Posyandu, Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat,
Jakarta
Tim Pengelola UPGK Tk. Pusat, (1988), Buku petunjuk Untuk Latihan Kader,
Jakarta
Penilaian Kinerja Puskesmas Tanah Kalikedinding
Surabaya tahun 2007.
ConversionConversion EmoticonEmoticon