Salam Sehat dan Harmonis

-----

SOAL POLITIK SOSIAL


Soal
1.jelaskan perbedaan power dan autoritiy .........…….?
2.jelaskan teory pembagian dan artikulasi kekuasaan….?
3.Sebutkan syarat-syarat terbentuknya negara………?
4.sebutkan hal-hal yang penting dalam suatu negara..?
5.jelaskan model/sistem politik yang anda ketahui….?
6.apa yang dimaksut dengan kebijakan publik, berikan contoh kebijakan publik dibidang kesehatan…………………………………………….?
Jawaban
1. power/kekuasaan adalah kemampuan untuk melaksanakan sesuatu walaupun banyak pihak yang menentang sedangkan autority adalah kewenang yang diberikan suatu badan kepada seseorang untuk melaksanakan sebuah kekuasaan.
2. ada beberapa teori tentang pembagian dan artikulasi kekuasaan di antaranya ada teory yang memandang kekuasaan merupakan otoritas elit yang diberikan secara legal formal untuk menciptakan kebaikan bersama namun ada pula yang memandang kekuasaan sebagai representasi dari kepentingan elit yang tidak otomatis dipergunakan untuk kebaikan bersama, atau untuk memberdayakan mereka yang lemah dan miskin. Teori yang membahas diantaya: teory menurut S.M lipset penggolongan kekuasaan cenderung dilakukan dengan  menempu model pluralisme, dalam model ini maka kekuasaan berada di tangan elit yang di peroleh bukan melalui jalan kekerasan melainkan melalui upaya-upaya yang ditempuh ssecara demokratis. Mengutip peneliti Daniel Larner di 6 negara timur tengah, lipset meyakinkan bahwa industrialisasi, urbanisasi, kekayaan dan pendidikan yang tinggi mengarahkan Negara yang bersangkutan untuk menghindari cara-cara kekerasan dalam menegakkan kekuasaan.
Saat lener melakukan penelitian di mesir, suriah, yordania, dan iran maka kekuasaan tidak  di tentukan atas dasar memilih melainkan melalui proses mobilisasi symbol dan idiologi-idiologi ekstrimis yang melatar belakangi perjuangan dengan kekerasan
 dan teory menurut Guillermo O’Donnell, dalam mempertahankan kekuasaan,cenderung memilih jalan birokratik otoritarian, dalam birokratik otoritarian kekuasaan ditangan rezim yang tidak menberi peluang partisipasi.
3. syarat-syarat terbentuknya Negara
A .adanya wilayah yang akan di jadiakan Negara
B . adanya pemerintahan (seorang yang akan memimpin/ penguasa  Negara tersebut)
C . adanya rakyat yang akan di pimpin
D . memiliki idiologi / tujuan negara
E .adanya pengakuan dari negara lain
F . memiliki tata kota
G. bentuk negra dll.
4. hal-hal yang penting dalam suatu Negara
A .Adanya sistem politik yang stebil dan tidak memihak
B .adanya kesetaraan antara perlakuan yang diterinma oleh elite dan rakyat
C .penegakan hokum yang seadil-adilnya tampa memihak terhadap kaum yang berkuasa dll.
5.model sistem politik
A . model pluralisme dalam model ini maka kekuasaan berada di tangan elite yang diperoleh bukan melalui jalan kekerasan melainkan melalui upaya-upaya yang ditempuhsecara demokrasi
B .model birokratik dalam model ini Negara berusaha muncul sebagai sebuah kekuatan politik yang relative mandiri dalam arti tidak membuka peluang partisipasi ketika berhadapan dengan faksi-faksi elite pendukung maupun masyarakat sipil
6. kebijakan public
Adalah keputusan dari actor politik yang bertindak rasional untuk memaksimalkan kepuasan mereka(rational utility maximize)
Contohnya diantaranya sbb
1.adanya kemudahan dalam mengurus kepentingan dengan pelayanan kesehatan cepet dalam arti tampa halangan yang kadang kala di buat-buat
2. mendapat pelayanan kesehatan yang sama rata dalam pelayanan tarhadap kepentingan yang sama, tertib, dan tidak pandang bulu.
3. mendapat pelayanan kesehatan yang jujur dan terus terang.
Daftar pustaka
Maliki zainuddin, sosiologi politik (makna kekuasaan dan trasformasi politik), Yogyakarta:  gajamada university press, 2010.
Edyakhyan 2007 files wordpress com/2008/01/kebijakan –pemerintah-1a pdf



Previous
Next Post »

Translate